Beranda Kampus Tips Berbelanja dengan Cash On Delivery

Tips Berbelanja dengan Cash On Delivery

Ilustrasi - foto istimewa Mirage Online

Oleh : Zul Karnain, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Di zaman era digital ini kita tidak perlu khawatir untuk melakukan kegiatan sehari-hari, zaman yang serba instan ini mau pesan makanan atau pesan barang yang disukai, kita hanya pesan melalui aplikasi penyedia jasa onlie atau aplikasi marketplace di smartphone.

Tanpa disadari semua hanya tinggal sentuh sana dan sentuh sini. Semua kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi melalui genggaman smartphone. Setiap penyedia jasa online maupun marketplace memiliki peraturan dan kebijakan itu sendiri, alangkah baiknya kita membaca dengan seksama panduan atau tata cara untuk memesan sesuatu barang di aplikasi tersebut, apalagi sekarang ada fitur yang sangat memudahkan pembeli dengan nama COD (Cash On Delivery) kita bisa memesan barang tanpa membayarnya terlebih dahulu.

Ketika barang sampai dirumah barulah kita bisa membayarnya atau bertransaksi melalui kurir, fitur ini sangat membantu pembeli yang sepenuhnya belum percaya terhadap penjual. Sangat disayangkan baru-baru ini ada beberapa pembeli yang belum memahami syarat dan ketentuan COD (Cash On Delivery) ada baiknya pembeli memahami panduan atau tata cara melakukan COD jangan sampai ada pihak yang dirugikan apalagi khususnya pembeli, itulah pentingnya budaya membaca sebelum melakukan sesuatu yang belum kita ketahui.

Ada beberapa tips cara bertransaksi dengan COD (Cash On Delivery) antara lain :

1.    Pastikan kita membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan kita

2.    Apabila sudah yakin dengan barang yang kita inginkan pilih pembayaran dengan fitur COD (apabila tersedia)

3.    Pastikan alamat yang kita pilih sesuai dengan alamat tujuan

4.    Ketika barang sampai ditujuan pastikan diterima dengan baik dan bayar melalui kurir sesuai harga yang tertera di aplikasi

5.    Apabila ada kesalahan pengiriman barang atau ketidaksesuaian jangan komplain melalui kurir, karna kurir tugasnya hanya mengirimkan barang yang memang tidak mengetahui apa isi barang tersebut.

6.    Tugas kita yang pertama apabila ada kesalahan pengiriman barang atau ketidaksesuaian kita bisa memilih fitur refund atau bisa juga dengan cara menanyakan langsung kepada penjual melalui chat bahwa barang yang diterima tidak sesuai.

7.    Kalau tidak ada kesalahan pengiriman barang kita bisa gunakan dengan sebaik-baiknya barang tersebut dan jangan lupa memberikan rating yang bagus di aplikasinya

Demikianlah beberapa tips yang bisa diberikan oleh penulis dengan pengalaman pribadi.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini