Beranda Pariwisata Tips Ampuh Supaya Liburanmu Tetap Nyaman Meski Sedang Haid

Tips Ampuh Supaya Liburanmu Tetap Nyaman Meski Sedang Haid

130
0
Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Bagi seorang wanita kehadiran “tamu bulanan” tentu menjadi sedikit penghalang untuk beraktivitas. Rasa lesu dan kurang bersemangat, terlebih bila rasa nyeri datang menyerang, membuat setiap rencana pada hari itu jadi sedikit kacau.

Apalagi kalau jadwal haid tiba-tiba datang di luar prediksi dan bertepatan ketika kamu masih dalam momen liburan.

Wah, kalau sampai kamu gak tahu gimana cara mengatasi kondisi menstruasi saat masih liburan, bisa-bisa momen jalan-jalanmu jadi gak berjalan sesuai rencana. So, simak deh 8 tips ampuh berikut, supaya acara liburan kamu bisa tetap nyaman meski kamu sedang kedatangan bulan.

1. Gunakan pembalut bersayap dengan ketebalan yang nyaman

Memilih pembalut dengan model sayap akan lebih menjagamu dari terjadinya bocor samping. Pilih juga pembalut dengan tingkat ketebalan lebih tinggi dari yang biasa kamu pakai, namun tetap nyaman saat kamu kenakan. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa bergerak tanpa takut darah haid-mu “tembus” keluar.

2. Kenakan pakaian yang nyaman dan aman

Bukan hanya pakaian luar saja yang mesti kamu perhatikan, tapi juga pakaian dalam. Pastikan gunakan underwear yang kencang untuk mencegah pembalutmu bergeser. Sedangkan untuk pakaian luar, kamu bisa sesuaikan dengan tingkat kenyamananmu. Sebaiknya sesederhana mungkin mengingat kamu sedang dalam perjalanan liburan.

3. Bawa stok pakaian ganti dan ekstra pembalut untuk berjaga-jaga

Tragedi bocor samping dan “tembus” keluar bisa datang kapan saja walaupun kamu sudah berupaya untuk mencegahnya. Sebab itulah kamu butuh membawa pakaian ganti dan ekstra pembalut untuk mengatasi unpredictable moment tersebut. Kamu tentu gak ingin kan jalan-jalanmu terganggu hanya karena masalah sepele itu?

4. Gantilah pembalut secara berkala

Nah, supaya drama bocor samping dan “tembus” keluar tadi bisa lebih diminimalkan, ada baiknya kamu rutin mengganti pembalut kamu secara berkala sebelum benar-benar terisi penuh. Terutama ketika haid hari pertama dan kedua, di mana volume darah haid sedang banyak-banyaknya. Mengganti pembalutmu setiap 4-6 jam sekali rasanya menjadi keputusan yang tepat.

5. Selalu menjaga kebersihan vagina

Penting banget untuk selalu menjaga kebersihan vagina saat kamu mengganti pembalut. Basuhlah kemaluanmu beberapa kali hingga benar-benar bersih dari arah depan ke belakang supaya bakteri dan kuman dari arah belakang tidak masuk ke area vagina kamu. Jangan lupa untuk meninggalkan toilet dalam kondisi bersih juga. Buang pembalut bekasmu pada tempat sampah yang tersedia.

6. Konsumsi obat pereda nyeri bila perlu

Bila rasa nyeri haid seperti perut kram, pinggang dan punggung yang terasa pegal, sudah gak bisa kamu tahan lagi, lebih baik segera redakan dengan obat pereda nyeri haid yang cocok dengan kondisi badanmu. Namun sebaiknya kurangi obat-obatan kimia tersebut bila tidak dalam kondisi mendesak, ya!

7. Perbanyak makan dan minum

Supaya tubuhmu tetap bertenaga dan bersemangat melanjutkan liburan ke destinasi wisata berikutnya, perbanyaklah asupan gizi yang masuk ke perutmu. Makan dan minumlah dengan porsi lebih banyak dari biasanya agar badanmu tidak terasa lemas.

8. Segeralah beristirahat

Nah, bila itinerary-mu untuk perjalanan hari ini sudah selesai, segeralah masuk ke kamar dan tidur. Bila ada jadwal night shopping atau wisata kuliner malam, sebaiknya skip saja. Kamu hanya butuh tidur cepat untuk menyiapkan tenaga untuk perjalanan esok hari. Tentunya dengan tidak melewatkan makan malam dulu, ya.

Tidak perlu langsung bersedih saat jadwal haid datang menghampiri lebih cepat dari siklus seharusnya. Dengan menerapkan delapan tips ampuh tadi, semoga momen liburanmu tetap berjalan menyenangkan dan nyaman meskipun kamu sedang haid. Selamat mencoba! (Red)

Sumber : IDN Times