Beranda Nasional Tinjau Korban Gempa dan Tsunami Palu Serta Donggala, Jokowi Terbang Gunakan Pesawat...

Tinjau Korban Gempa dan Tsunami Palu Serta Donggala, Jokowi Terbang Gunakan Pesawat TNI AU

Foto istimewa

SERANG – Presiden Jokowi langsung bertolak ke Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk meninjau korban musibah gempa dan tsunami.

Dalam kunjungannya Jokowi menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU, Minggu (30/9/2018). Itu diketahui melalui status melalui akun resmi Presiden Joko Widodo.

“Bertolak ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, untuk meninjau langsung daerah terdampak gempa dan tsunami. Dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Surakarta, saya menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU mengingat landasan pacu yang bisa didarati di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, hanya sepanjang 2.000 meter dari 2.400 meter yang ada.

Saya ingin melihat sendiri dan memastikan penanganan atas dampak bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah betul-betul menjangkau saudara-saudara kita di sana.

Mohon doa dari seluruh Tanah Air,” tulis Jokowi.

Foto istimewa

Sesampainya di lokasi Jokowi langsung terjun ke lapangan dengan mengenakan baju loreng.

“Melangkah di antara puing-puing bangunan Perumnas Balaroa, jejak kerusakan yang tertinggal di sebagian kawasan kota Palu seusai gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah.

Setiba di kota Palu, siang ini, saya segera memimpin rapat terbatas dengan sejumlah jajaran pemerintah di bandara dan memberi pengarahan kepada para prajurit TNI yang terlibat dalam evakuasi korban.

Dari bandara saya mengunjungi beberapa lokasi pusat bencana seperti Perumnas Balaroa, Pantai Talise, Rumah Sakit Undata dan posko pengungsi di Lapangan Vatulemo.

Akibat gempa dan tsunami, jalan-jalan terputus, bandara tak sepenuhnya bisa didarati pesawat, listrik baru hidup sebagian, dan pasokan bahan bakar minyak terhambat. Saya perkirakan BBM baru bisa sampai di sini dalam dua hari. Saat ini, alat-alat berat dari Mamuju dan Gorontalo sudah dalam perjalanan menuju lokasi bencana.

Saya berharap masyarakat sabar. Ini sedang kita tangani bersama. Setelah keadaan pulih, kita akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah penduduk selekas mungkin,” tulis Jokowi lagi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini