Beranda Nasional Presiden Jokowi Masuk 50 Top Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Jokowi Masuk 50 Top Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali masuk di deretan ‘Top 50’ dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia. Selain Jokowi, sejumlah nama lain dari Indonesia turut masuk dalam daftar tersebut.

Penyelenggara daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia itu yaitu Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC). RISSC merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berkedudukan di Amman, Yordania.

Buku The Muslim 500: The World’s 500 Most Influental Muslims 2020, didapat dari situs resmi The Muslim 500, seperti dilansir detikcom, Sabtu (5/10/2019).

RISCC menyatakan pemilihan orang dalam publikasi daftar 500 tokoh muslim berpengaruh ini bukan berarti dalam rangka mendukung pandangan mereka. RISCC hanya mengukur sejauh mana pengaruh dari orang-orang tersebut.

Pengaruhnya disebut bisa datang dari seorang cendikiawan yang secara langsung berbicara mengenai masalah keumatan dan mempengaruhi keyakinan, gagasan dan perilaku. Bisa juga datang dari penguasa yang membentuk faktor-faktor sosial ekonomi atau dari para seniman yang membentuk budaya populer.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ