Beranda Komunitas Tingkatkan Literasi Anak, Insan Ar-Rasyid Festival Kenalkan Permainan Tradisional

Tingkatkan Literasi Anak, Insan Ar-Rasyid Festival Kenalkan Permainan Tradisional

Taman Baca Masyarakat (TBM) Insan Ar-Rasyid menggelar Insan Ar-Rasyid Festival di Lapangan Serbaguna RW 05, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun yang pertama, Taman Baca Masyarakat (TBM) Insan Ar-Rasyid menggelar Insan Ar-Rasyid Festival di Lapangan Serbaguna RW 05, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang selama tiga hari dari Jumat (17/2/2023) hingga Minggu (19/2/2023).

Pada pembukaannya, Insan Ar-Rasyid Festival dihadiri Aini Suci Wismansyah, selaku Bunda Literasi Kota Tangerang, sekaligus secara resmi membuka kegiatan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Engkos Zarkasyi, Camat Karawaci, Mahdiar, Lurah Cimone, Ade Fitria Akbar, Ketua RW. 05 Rusmanto, beserta jajarannya, Sabtu (18/2/2023).

Ketua TBM Insan Ar-Rasyid, Muhamad Amaludin yang sering disapa kang Lulu ini mengungkapkan kegiatan Insan Ar-Rasyid Festival yang terbuka untuk umum, sebagai wadah menumbuhkan kembali minat baca dan mengenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak.

“Insan Ar-Rasyid Festival ini selain pengurus TBM Insan Ar-Rasyid, juga melibatkan Karang Taruna RW. 05 Kelurahan Cimone, dan Kelurahan Cimone, serta Kecamatan Karawaci, dan tak lupa dari DPAD Kota Tangerang dengan Perpustakaan Keliling, bersama-sama untuk meningkatkan minat baca dan literasi kepada anak-anak,” ungkap kang Lulu.

Kegiatan dimeriahkan dengan penampilan dua tarian dari anak-anak PAUD Seroja RW 05, serta beragam perlombaan permainan tradisional seperti main gundu, tapak gunung, egrang, gobak sodor, karet, congklak, lomba mewarnai, dan permainan yang sedang hits yaitu lato-lato.

Sementara itu, Aini Suci Wismansyah, Bunda Literasi Kota Tangerang mengaku sangat bangga atas antusias dari berbagai lapisan masyarakat dalam mengikuti Insan Ar-Rasyid Festival ini. Sehingga literasi bisa terus ditanamkan kepada anak-anak.

“Ini luar biasa Insan Ar-Rasyid Festival ini mengenai literasi yang menyasar kepada beberapa lapisan masyarakat dari PAUD, TK, SD, SMP hingga orang tua juga hadir disini. Jadi ini juga sekaligus mensosialisasikan literasi. Karena literasi itu tidak hanya membaca, ada menulis dan juga dari permainan tradisional bisa menambah pengetahuan kepada anak-anak,” ujar Aini.

Selain itu, kegiatan ini juga menggelar pertandingan futsal yang diikuti 20 sekolah SMP se-Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, yang diselenggarakan sejak Jumat (17/2/2023) di Lapangan Futsal area Kantor Kelurahan Cimone.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini