Beranda Advertorial Tingkatkan IPM, Dindikbud Kabupaten Serang Rutin Gelontorkan Beasiswa

Tingkatkan IPM, Dindikbud Kabupaten Serang Rutin Gelontorkan Beasiswa

Beberapa Pelajar Kabupaten Serang Menerima Beasiswa dari Pemkab Serang. Foto: Dindikbud Kabupaten Serang.

SERANG – Untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Serang melalui sektor pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang memberikan beasiswa kepada para pelajar asal Kabupaten Serang.

Salah satunya yaitu program beasiswa perguruan tinggi yang telah diluncurkan dari 2018 dan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Universitas Indonesia (UI).

“Kita mencoba dari tahun ke tahun itu dalam artian peningkatan itu penambahan beasiswa di tahun ke tahun meskipun volumenya berbeda tetapi kan dari tahun ke tahun ada penambahan,” ujar Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya.

Pada 2018, sekitar 38 pelajar asal Kabupaten Serang berhasil mendapatkan beasiswa Diploma satu (D1) Vokasi di Untirta, kemudian pada 2019 jumlah tersebut meningkat menjadi 44 pelajar yang telah diterima pada D1 Vokasi di Untirta dan sekitar 13 pelajar juga diterima pada D1 Vokasi di UI serta sebanyak 7 pelajar diterima di Strata satu (S1) Fakultas Kedokteran di Untirta.

“Pada 2020, kita kembali mengirimkan 25 orang di D1 Vokasi Untirta dan 8 orang di D3 Vokasi UI,” ujar Kasubag Umum dan Kepegawaian, Irwan Nuryana.

Di tahun 2021, Dindikbud Kabupaten Serang masih melanjutkan program beasiswa pada tahun sebelumnya. Selain itu, pada 2021 telah dianggarkan untuk beasiswa pendidikan 5 orang pada D3 Vokasi di UI dan 11 orang untuk D1 Vokasi di Untirta.

Beberapa Pelajar Kabupaten Serang Menerima Beasiswa dari Pemkab Serang. Foto: Dindikbud Kabupaten Serang.

Program beasiswa yang diluncurkan bertujuan untuk membentuk generasi dari Kabupaten Serang yang siap untuk bersaing. Untuk mendukung tujuan tersebut, melalui program Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bantuan pendidikan jug diberikan dalam bentuk beasiswa Corporate Social Responsibility (CSR).

Salah satu beasiswa dari program CSR yakni dari PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Serang kepada 3 mahasiswa Untirta asal Kabupaten Serang pada beberapa waktu lalu. Beasiswa tersebut akan diserahkan secara rutin terhitung semester 1 untuk masing-masing mahasiswa.

Tak hanya meningkatkan kualitas pendidikan dari kualitas lulusan, Dindikbud Kabupaten Serang juga menggelar pelatihan dan pengembangan kompetensi guru yaitu melalui forum-forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). (ADV)