Beranda Bisnis Tim RPIK Balitbang Kementan RI Bakal Kembangkan Talas Beneng di Pandeglang

Tim RPIK Balitbang Kementan RI Bakal Kembangkan Talas Beneng di Pandeglang

Acara Workshop Akselerasi Pengembangan usaha Talas dan Riset Pengembangan Talas Inovatif Kolaboratif - foto istimewa

PANDEGLANG – Tim Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif Baltibang Kementrian Pertanian akan mengembangkan Talas Beneng di Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Kementerian Pertanian RI, Prayudi Syamsuri saat menggelar Workshop Akselerasi Pengembangan usaha Talas dan Riset Pengembangan Talas Inovatif Kolaboratif (RPIK), di Hotel Horizon Altama.

Prayudi Syamsuri mengatakan pengembangan model agorindustri dan agribisnis talas beneng sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai tambah produk dan mendukung ketahanan pangan.

“Produk-produk baru dan kekinian berbahan talas perlu dikembangkan teknologinya selain produk talas beku yang memang sudah diekspor,” ujar dia dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

Prayudi berharap melalui riset dan pengembangan inovasi kolaboratif komoditas talas beneng yang tahun ini tengah dilakukan Balitbangtan dapat mengakselerasikan hilirisasi teknologi Litbang yang dibutuhkan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditas ini.

“Tak hanya kolaborasi internal Balitbangtan, aksi kolaborasi riset ini turut melibatkan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, asosiasi dan perkumpulan serta UMKM penggiat talas beneng dan kami terus menjajagi dengan pihak-pihak terkait lainnya,” tutupnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Balitbang Kementan RI yang telah memilih Kabupaten Pandeglang untuk menjadikan talas beneng menjadi Perhatian Pemerintah Pusat.

“Terimakasih Pak Kapuslitbang Kementan, salam untuk Pak Menteri. Kabupaten Pandeglang, Kita bangga, Pandeglang mampu mengekspor talas beneng ke tiga negara. Ini menandakan bahwa Pandeglang bisa menjadi lumbungnya talas beneng. Ya, Di pekarangan rumah warga harus ditanami ini, selain mudah menanamnya juga komoditas talas ini sangat potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Irna.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini