Beranda Gaya Hidup Tiga Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Asyik

Tiga Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Asyik

1061
0
Ilustrasi - foto istimewa idntimes.com

SERANG – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting dalam era globalisasi. Penggunaaan bahasa Inggris paling banyak digunakan oleh seluruh negara sebagai alat komunikasi. Bahasa Inggris juga didukung oleh kemajuan teknologi saat ini. Sehingga dengan berbahasa Inggris kamu dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan global yang semakin maju.

Belajar bahasa Inggris di era globalisasi saat ini menjadi sangat mudah. Adanya internet dan media digital saat ini kamu dapat belajar bahasa Inggris kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu, bahasa Inggris dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan dan tidak akan bosan. Berikut tips dalam mempelajari bahasa Inggris dengan mudah.

1. Menonton video atau film berbahasa Inggris





Kamu bisa menonton video berbahasa Inggris salah satunya melalui youtube. Seperti vlog, acara talk show, acara kompetisi, dan lainnya. Video dari youtube menggunakan bahasa sehari-hari, sehingga kamu bisa mengaplikasikannya langsung dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa menonton film berbahasa Inggris. Dari menonton film berbahasa inggris kamu dapat belajar ekspresi yang dilakukan oleh para tokoh sesuai dengan konteks dan situasi penggunaannya, mendapatkan frasa, idiom, bahkan bahasa gaul yang diucapkan oleh para tokoh pada film tersebut.

Dalam menonton film atau video berbahasa Inggris, usahakan tanpa subtitle bahasa Indonesia dan pakai subtitle bahasa Inggris. Pada saat menonton video atau film kamu dapat mempraktekkan bagaimana cara pengucapan kata yang belum kamu ketahui. Kamu juga dapat mempelajari aksen-aksen bahasa Inggris yang digunakan dalam video atau film tersebut. Seperti Gita Savitri Devi yang mempelajari aksen dari film dan video. Gita Savitri Devi menceritakan proses belajar british accent dari film Harry Potter dan mempelajari Australian accent dari menonton Master Chef Australia.

Gita Savitri Devi menyebutkan untuk membiasakan telinga kita mendengar tentang aksen tersebut, sehingga terbiasa dan mengerti. Dengan menonton video atau film berbahasa Inggris, kamu bisa mengasah listening skill dengan terus mendengar dialog yang diucapkan para tokoh, speaking skill dengan mengucapkan kembali apa yang tokoh ucapkan, dan vocabulary yang terus bertambah.

2. Memanfaatkan sosial media, podcast, lagu, dan aplikasi

Sekarang hampir semua orang memiliki akun sosial media. Kita dapat belajar bahasa Inggris lewat sosial media dengan cara memfollow akun-akun yang berbahasa Inggris dan memberikan materi seputar bahasa Inggris, serta membaca caption berbahasa Inggris. Podcast sedang naik daun di era milenial ini. Kamu bisa mensubscribe podcast berbahasa Inggris.

Selain Podcast kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Selama mendengarkan lagu, kamu bisa mencerna makna lagu tersebut dengan memahami liriknya, sebelum kamu melihat lirik lagu sebenarnya. Kamu juga bisa belajar bagaimana cara melafalkan kata tersebut dan mencari tahu kata-kata yang baru kamu tahu dari lagu tersebut, setelah itu kamu dapat membuat kalimat sendiri dari kata tersebut agar kamu selalu ingat dengan kata baru tersebut.

Dengan mendengarkan podcast dan lagu kamu bisa melatih listening skill , vocabulary dalam bahasa Inggris. Sekarang banyak aplikasi yang dibuat untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah. Melalui aplikasi tersebut sangat membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris.

3. Membaca buku, artikel, dan e-book

Bagi kamu yang suka membaca, kamu bisa membaca buku, novel, atau koran yang berbahasa Inggris. Melalui buku, kamu dapat mempelajari grammar, karena dalam buku kata-kata disusun secara terstruktur. Untuk kamu yang tidak mempunyai buku berbahasa Inggris, kamu bisa mendownload e-book atau pdf berbahasa Inggris.

Selain itu kamu juga bisa mencari artikel berbahasa Inggris yang menarik. Saat kamu membaca dan menemukan kata-kata baru, kamu bisa mengetahui arti kata tersebut tanpa menggunakan kamus, caranya dengan menggunakan clue dan kata selanjutnya, dari situ kamu dapat mengetahui apa yang dimaksud dalam cerita tersebut. Dengan membaca kamu bisa meningkatkan pemahaman dalam reading comprehension, memperbanyak kosa kata baru, dan juga informasi yang kamu dapatkan setelah membaca.

Nah, itu dia tips belajar bahasa Inggris yang sangat mudah kamu pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Usahakan kamu belajar bahasa Inggris dengan disiplin dan tekad yang kuat serta selalu mempraktekkan setiap hari, agar kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan efektif.

Penulis Anggita Noviana Nur Suci Surat Lanan, Mahasiswi UIN Jakarta Syarif Hidayatullah