Beranda Gaya Hidup Tidur Sering Mengigau Berbahaya?

Tidur Sering Mengigau Berbahaya?

Ilustrasi - foto istimewa harapanrakyat.com

Meskipun terlihat seperti hal yang sepele atau bahkan lucu, ada kekhawatiran jika kebiasaan mengigau saat tidur ini menandakan sesuatu yang berbahaya pada kesehatan. Sebenarnya, apa sih penyebab dari kondisi ini?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengigau saat tidur dialami oleh sekitar 1 persen orang dewasa di seluruh dunia. Kebanyakan orang berpikir jika hal ini terkait dengan sesuatu yang terjadi di alam bawah sadar, namun, menurut National Sleep Foundation, alasan mengapa seseorang bisa mengigau saat tidur adalah stres, depresi, kurang tidur, rasa kantuk yang luar biasa sebelumnya di siang hari, demam, dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Penyebab lain mengigau saat tidur adalah mimpi buruk, sleep apnea, dan gangguan fase tidur rapid eye movement (REM). Jika mengigau terjadi di fase awal tidur, biasanya kata-kata yang diucapkan lebih jelas dibandingkan dengan mengigau yang terjadi di fase tidur yang jauh lebih dalam.

Pakar kesehatan tidur bernama Michael Breus, Ph.D, menyebutkan bahwa mengigau saat tidur tidak perlu diperhatikan dengan serius. Hal ini sama sekali tidak menandakan adanya sesuatu yang terkait dengan alam bawah sadar.

“Seringkali mengigau terjadi karena kurang tidur yang cukup parah. Hanya saja, dalam beberapa kasus, hal ini juga terkait dengan adanya beban pikiran yang belum terlampiaskan saat sedang dalam kondisi sadar,” ucap Breus.

Karena alasan inilah Breus menyarankan siapa saja yang sedang mengalami stres untuk mengungkapkan rasa sedih, kesal, atau tidak senangnya pada keluarga atau teman-teman demi melepaskan beban pikiran. Selain itu, ada baiknya mereka juga melakukan meditasi, yoga, latihan pernapasan, hingga olahraga demi membuat pikiran menjadi lebih tenang dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Cara lain yang bisa kita lakukan demi menghindari mengigau saat tidur adalah dengan tidak mengonsumsi alkohol atau minuman berkafein di malam hari. (Red)

Sumber : doktersehat.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini