Beranda Peristiwa Terus Dibahas, Masalah Kabel Semrawut di Tangsel Belum Selesai

Terus Dibahas, Masalah Kabel Semrawut di Tangsel Belum Selesai

Kabel yang semerawut di wilayah Tangsel. (Ihya/bantennews.co.id)

TANGSEL – Masalah kabel semrawut di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nampaknya bisa dikategorikan sebagai masalah yang serius. Pasalnya, sampai saat ini masalah klasik tersebut seperti belum mendapat penanganan.

Di beberapa lokasi seperti sepanjang jalan WR Supratman, Ciputat Timur, dimana jalan tersebut tak terlalu lebar, nampak kabel-kabel bergelantungan bahkan sampai menyentuh atap mobil tipe Avanza.

Ditambah tiang listrik yang diduga milik Telkom masih berada di dalam ruas jalan (tidak berada di luar jalan), sehingga dapat membahayakan pengendara.

Pasalnya, jika pada saat pengendara hendak menyalip mobil dari sebelah kiri, dimana jalan nampak masih terlihat lebar namun di depan tiba-tiba ada tiang listrik, tidak menutup kemungkinan pengendara tersebut akan menabrak.

Hal itu seperti dikatakan Hendi (29), warga sekitar yang setiap hari melewati jalan tersebut. Menurutnya, selain membahayakan penempatan tiang tersebut mengganggu keindahan Kota dan kumuh.

“Ya saya warga sini. Tiap hari lewat sini kalau mau kerja atau pulang kerja. Mas liat sendiri aja tuh kabelnya sampe ke bawah begitu. Terus dulu itu pernah ada pelebaran jalan tapi tiangnya malah dibiarkan berdiri di situ, di sepanjang jalan ini,” kata Hendi saat ditemui di lokasi, Rabu (13/1/2021).

Melihat hal itu, awak media mencoba konfirmasi pihak PLN. Dikatakan Asisten Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Bernanto Lubis bahwa, kabel-kabel yang semrawut tersebut bukan milik PLN, melainkan kebanyakan adalah kabel TV.

“Biasanya kabel-kabel yang semrawut itu kebanyakan kabel optik telpon atau kabel TV. Kalau kabel PLN berbeda. Biasanya terletak paling atas di antara kabel-kabel itu, dan bentuknya pun berbeda dengan kabel data milik TV Kabel,” ujar Bernanto.

Pantauan di lapangan, memang kabel PLN berada paling atas dan tiangnya diletakan di luar jalan atau di samping trotoar.

Terpisah, saat dikonfirmasi pihak Telkom pun tidak mengakui tiang dan kabel-kabel itu miliknya. Menurut Sekretaris Telkom BSD Vike, kabel-kabel di Jalan WR Supratman memang sering menjadi perhatian publik.

“Padahal kalo kabel kita biasanya sudah dirapikan. Itu bukan punya Telkom melainkan operator lain. Kelihatan kalo dari tiang listrik pasti bukan punya Telkom,” terang Vike.

Lanjut Vike, ciri-ciri tiang Telkom adalah terdapat cat merah putih di tengah tiang. Sementara ciri kabelnya terdapat label tulisan Telkom.

Sementara pihak pemerintah Kota Tangsel seperti tak peduli dengan masalah tersebut. Padahal sudah berulangkali melakukan pertemuan dengan pihak PLN. Namun sayangnya, kabel-kabel itu pun bukan milik PLN.

Beberapa waktu lalu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel Bambang Noertjahjo mengaku sudah siap untuk kerja sama untuk membenahi masalah kabel tersebut. Rencana awal sudah dibenahi untuk yang di pinggir jalan.

Ke depan, papar Bambang, kalau mau kabelnya semua di bawah tanah, berarti harus kerja bersama antara Pemerintah Kota dengan PLN, dan pihak-pihak yang memasang kabel.

“Itu yang kita fokusin. Kita udah berkali-kali minta PLN untuk mengecek, karena PLN kan punya pihak ketiganya. Tapi lagi-lagi tidak semua kabel PLN ternyata,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini