Beranda Berita Terra Drone Libatkan Regulator Bahas Aturan Drone

Terra Drone Libatkan Regulator Bahas Aturan Drone

Ilustrasi drone - foto istimewa Popular Mechanics

SERANG – Teknologi drone bukan lagi teknologi yang tergolong baru. Sudah banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia, baik swasta, BUMN, maupun badan pemerintahan yang telah merasakan manfaat teknologi tersebut.

Aplikasinya pun sangat beragam, mulai dari survei pemetaan, patroli wilayah, inspeksi gedung tinggi, hingga penyemprotan pestisida secara serba otomatis. Perkembangannya yang pesat juga membuat teknologi tersebut dapat terus diadaptasi oleh para pengguna baru, termasuk oleh Terra Drone Indonesia sebagai salah satu operator drone penyedia jasa terdepan di Indonesia.

Pemerintah selaku regulator juga terus memperbaharui aturan-aturan yang berlaku guna mengakomodasi perkembangan teknologi maupun aplikasi yang ada di industri. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJHU) terkait pengoperasian drone.





Melalui Peraturan Menteri Perhubungan No. 37 Tahun 2020, DJHU mencoba mengakomodasi batasan-batasan yang sebelumnya diberlakukan seperti penerbangan drone di luar jangkauan mata, penerbangan drone di atas kerumunan, penerbangan drone di malam hari, hingga penerbangan drone untuk keperluan kargo (logistik).

Dalam rangka membantu sosialisasi aturan baru tersebut, Terra Drone Indonesia telah melakukan beberapa kegiatan webinar dengan menggandeng regulator terkait. Kegiatan tersebut mencakup Webinar “Updates on Drone Regulation in Indonesia” yang menghadirkan Asri Santosa selaku Direktur Navigasi Penerbangan, Webinar “Security Clearance for Drone Operation” yang menghadirkan Kol. Pnb. Agung “Sharky” Sasongkojati selaku Paban II Puan Spotdirga TNI AU, serta Webinar “Remote Pilot Licensing & Drone Registration” yang menghadirkan Capt. Meddy Yogastoro selaku RPAS Coordinator di Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara.

Webinar tersebut merupakan bentuk nyata kontribusi Terra Drone Indonesia untuk memastikan pengoperasian drone di Indonesia dapat terlaksana secara aman dan selamat oleh seluruh pemangku kepentingan, sesuai dengan komitmen perusahaan.

“Terra Drone Indonesia sedapat mungkin selalu ingin memberikan contoh yang baik kepada seluruh operator drone di Indonesia agar tercipta ekosistem industri drone yang sustainable,” jelas Michael, CEO Terra Drone Indonesia, mengenai kegiatan webinar yang selama ini dilakukan oleh perusahaan, Selasa (19/1/2021).

Kedepannya, Terra Drone Indonesia akan terus melakukan kegiatan serupa dan akan bekerja sama dengan pihak-pihak dari berbagai latar belakang, untuk menyebarluaskan informasi terkini, serta melakukan sosialisasi dan edukasi atas aturan-aturan yang berlaku kepada komunitas dan industri drone di Indonesia.

(Red)