Beranda Peristiwa Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kabupaten Tangerang Lakukan Pendampingan Rumah...

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kabupaten Tangerang Lakukan Pendampingan Rumah Sakit

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang berkolaborasi dengan RS Siloam sebagai Rumah Sakit (RS) pendamping melakukan pendampingan kepada RS Hermina Bitung - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Salah satu upaya dalam penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/B) adalah meningkatkan kualitas pelayanan serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia melalui program pendampingan pada rumah sakit.

Karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang berkolaborasi dengan RS Siloam sebagai Rumah Sakit (RS) pendamping melakukan pendampingan kepada RS Hermina Bitung.

Pihak manajemen RS Siloam Kabupaten Tangerang, dr. Setiawan menuturkan, untuk mencapai target penurunan AKI dan AKB dapat dilakukan dengan intervensi penguatan pada rumah sakit.

“Kami berupaya untuk meningkatkan quality improvement klinis dan tata kelola manajemen, seperti melakukan audit nearmiss, drill emergensi dan penguatan rujukan kesehatan ibu dan bayi serta meningkatkan kinerja proses P3,” terangnya, Rabu (31/8/2022).

Ia juga menuturkan pendampingan ini menjadi evaluasi bagi rumah sakit, agar kasus kegawatdaruratan pada kehamilan dan kelahiran dapat cepat tertangani dengan aman dan tepat.

Sementara itu, Direktur RS Hermina Bitung, dr. Hadimas mengatakan pihaknya berkomitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, sehingga pendampingan menjadi upaya dalam meningkatkan pelayanan keselamatan ibu dan bayi.

“Dalam pendampingan ini tidak hanya diskusi, tetapi adanya juga pelatihan skill serta pembahasan kasus, sehingga kami merasa terbantu untuk memperbaiki dan mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang terjadi dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan maternal dan juga neonatal,” tuturnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini