Beranda Bisnis Tanaman Penghibur di Tengah Pandemi, Pemuda Kota Serang Ini Kreatif Buat...

Tanaman Penghibur di Tengah Pandemi, Pemuda Kota Serang Ini Kreatif Buat Bonsai Kelapa

Muhtadi, salah satu pengrajin tanaman bonsai. (Ist)

SERANG – Tanaman bonsai mampu tampil unik dan memiliki nilai artistik tersendiri, sehingga tanaman hias ini mampu menghilangkan kejenuhan di kala Pandemi Covid-19. Adapun salah satu tanaman yang dapat dibonsai, yakni kelapa terutama varietas gading maupun puyuh. Dengan bagian batangnya tampil khas dan tampak tua akan menjadi koleksi mengagumkan.

Apalagi ketika koleksi bonsai kelapa ditata berderet, misalnya di teras ataupun pekarangan rumah. Seperti halnya yang telah dilakukan Muhtadi, pemuda di Kampung Pereng Tengah, Kelurahan Cibendung, Kecamatan Taktakan, Kota Serang ini mempunyai bonsai kelapa ditempatkan di atas toples kaca dengan media tanamnya cukup air. Hanya saja secara berkala, air sebagai media tanam tersebut biasa diberi pupuk cair organik.

Menurut Muhtadi pohon kelapa merupakan pohon yang kaya manfaat, karena semua unsur kelapa mulai batang, buah hingga daunnya pun sangat kaya manfaat. Maka dari itu berbekal belajar dari youtube, ia berkreatifitas membonsai kelapa.

“Lagi pandemi gini, kita harus berkreatifitas untuk membuat hal yang bernilai ekonomis, dan saya memilih membuat Bonsai kelapa, karena kebetulan di sini banyak pohon kelapa,” ucapnya, Jumat (21/5/2021).

Ia menjelaskan banyak jenis bonsai di pasaran, namun ia membonsai dengan beberapa jenis di antaranya ada dua jenis kelapa bonsai yakni minibol atau bola mini. Minibol ini memiliki batok kelapa yang berbentuk bulat kecil, sedangkan jenis lainnya minion atau mini lonjong, yaitu kelapa bonsai minion yang memiliki ciri khas batok kelapa berbentuk lonjong mini. “Akan semakin cantik jika yang jenis minion ini ditinggingkan,” ucapnya.

Keunikan dari kelapa bonsai menurut Muhtadi ada pada bentuk batok kelapa. Panjang dan lebatnya akar yang terurai tertancap pada tanah dan hijaunya daun kelapa yang mini.

“Untuk mempercantik kelapa bonsai ini ada dua media yang digunakan, bisa pada media tanah pada pot atau pada media air yang dipercantik dengan vas kaca yang memanjang,” ucapnya.

Menurut Muhtadi untuk membuat bonsai kelapa membutuhkan waktu hingga tiga bulan. Dari buah kelapa sampai membentuk Bonsai Kelapa.

“Satu tanaman kelapa bonsai dijual puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung besar kecil, jenis kelapa hingga keunikan kelapa bonsai. Bagi yang berminat bisa langsung mendatangi rumah saya Kampung Pereng Tengah, Kelurahan Cibendung, Kecamatan Taktakan, Kota Serang,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini