Beranda Olahraga Taklukkan Jordania, Garuda Muda Nusantara Raih Kemenangan

Taklukkan Jordania, Garuda Muda Nusantara Raih Kemenangan

Timnas U-19. (doc.Kompas.com)

CIKARANG – Timnas U-19 Indonesia meraih kemenangan tipis atas timnas U-19 Jordania pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (13/10/2018).

Pertandingan yang berujung dengan skor akhir 3-2, dengan sejumlah gol yang berhasil disarangkan oleh pemain Indonesia yakni Firza Andika pada menit ke-44, (74′), gol bunuh diri Saif Al-Deen Anan (56′). Sementara gol Jordania dicetak oleh Ibrahim Sadeh (80′) dan Omar Hani Ismail (86′).

Pada awal babak pertama, kedua tim sudah berinisiatif untuk melakukan serangan. Witan Sulaeman mendapatkan peluang pada menit ke-10 melalui tendangannya, tetapi berhasil ditepis oleh kiper Jordania.

Egy Maulana Vikri yang menjadi pemain pengganti berhasil menambah daya gedor Indonesia.

Pada menit ke-39, Egy menusuk ke dalam kotak penalti. Bola lalu dikuasai oleh Saddil yang kemudian melepaskan umpan ke depan gawang. Namun, Rafli Mursalim belum berhasil memanfaatkannya karena tendangannya masih menyamping di gawang lawan.

Hingga menjelang akhir babak pertama, Indonesia berhasil unggul 1-0 melalui tendangan keras Firza Andika yang gagal diantisipasi kiper Jordania pada menit ke-44. Babak pertama berakhir, skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada babak kedua, Indonesia menambah intensitas serangan. Hal itu membuahkan hasil pada menit ke-56. Lemparan jauh dari Indra Mustafa gagal diantisipasi dengan baik oleh pemain belakang Jordania, Saif AL-Deen Anan, sehingga bola membelok dan masuk ke dalam gawang.

Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Indonesia. Pada menit ke-74, Garuda Nusantara berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui sepakan keras Firza Andika pada menit ke-74.

Tertinggal 3-0 tidak membuat Jordania menyerah. Mereka malah berhasil memperkecil keunggulan pada menit ke-80 melalui gol yang dicetak Ibrahim Sadeh dan skor berubah menjadi 3-1.

Enam menit berselang, Jordania kembali menambah gol melalui Omar Hani Ismail sehingga skor berubah menjadi 3-2. Hingga laga berakhir, skor masih bertahan 3-2 untuk kemenangan Indonesia.

Adapun uji coba ini menjadi yang terakhir dalam rangkaian persiapan skuad Garuda Nusantara mengikuti Piala Asia U-19 2018. Dalam tiga laga uji coba sebelumnya, Indonesia tidak pernah meraih kemenangan dengan rincian dua kali kalah dan satu imbang.

Dua uji coba pertama berbentuk turnamen segitiga yang bertajuk PSSI Anniversary Cup U-19 2018. Pada ajang ini, Indonesia imbang 2-2 lawan Thailand dan kalah 0-3 dari China.

Teranyar, Indonesia kalah tipis 1-2 dari Arab Saudi pada Rabu (10/10/2018). Indonesia menargetkan mencapai babak semifinal untuk bisa meraih tiket otomatis ke Piala Dunia U-20 2019 mendatang.

Pada Piala Asia U-19 2018 ini, Indonesia tergabung di Grup A bersama Taiwan, Uni Emirat Arab (UEA), dan Qatar. (Red)

Sumber : Kompas.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini