Beranda Pemerintahan Tak Tahu Soal Open Bidding Perumdam-CM, DPRD Cilegon : Kalau Ada Apa-apa,...

Tak Tahu Soal Open Bidding Perumdam-CM, DPRD Cilegon : Kalau Ada Apa-apa, Tanggung Sendiri !

Ketua Komisi III DPRD Cilegon, Abdul Ghoffar. (Gilang)

CILEGON – Seleksi terbuka (open bidding) calon Direktur dan Anggota Dewan Pengawas pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Cilegon Mandiri (Perumdam-CM) secara resmi sudah diumumkan sejak Senin (8/1/2024) lalu.

Namun sayangnya agenda pemerintah daerah terkait pengisian jabatan di salah satu BUMD tersebut belakangan menuai protes lantaran tidak adanya pemberitahuan dan koordinasi dengan DPRD Cilegon.

“Sejauh ini tidak ada informasi apa-apa tuh ke Komisi III. Memang mainnya kan begitu. Iya kalau mitra Komisi kita kan memang Perumdam, tapi kalau Sekda dan Walikota bukan mitra kita,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Cilegon, Abdul Ghoffar dalam keterangannya kepada BantenNews.co.id, Kamis (11/1/2024).

Perihal itu, Ghoffar tak dapat menutupi kekesalannya. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyesalkan langkah sepihak eksekutif tanpa berkomunikasi terlebih dahulu dengan parlemen.

“Intinya kalau nanti ada apa-apa ya ditanggung (Pemkot Cilegon) sendiri, jangan sampai nanti kalau terjadi sesuatu baru meminta dukungan atau apa ke DPRD. Jadi kalau mau jalan sendiri ya monggo, dan kalau kita tidak dilibatin juga ngga masalah,” katanya mengingatkan.

Lebih jauh, anggota Badan Anggaran DPRD Kota Cilegon ini juga memaparkan kendati pihaknya kerap memberikan masukan terkait kekosongan jabatan dan kinerja perusahaan kepada Perumdam-CM selama ini, namun agenda tersebut tetap dihelat tanpa melalui mekanisme dan etika koordinasi kepemimpinan antar lembaga daerah.

“Nanti kita bahas di Komisi III dan pimpinan DPRD, karena ini sudah kesekian kalinya dalam hal yang sifatnya ‘kebijakan’, DPRD selalu kurang dilibatkan. Seharusnya meskipun cuma basa basi itu juga kan ngga masalah. Intinya soal etika. Etika itu di atas norma hukum, kenapa ada hukum karena etika tidak dijalankan,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka calon Direktur dan Anggota Dewan Pengawas pada Perumdam-CM, Maman Mauludin yang akan dikonfirmasi kaitan agenda tersebut belum dapat memberikan keterangan secara terperinci.

“Silakan tanyakan langsung ke Pak Udung (Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cilegon) aja ya,” ujarnya singkat.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ