Beranda Peristiwa Tak Hanya Mengevakuasi, Basarnas Juga Berikan Bantuan ke Korban Tsunami Banten

Tak Hanya Mengevakuasi, Basarnas Juga Berikan Bantuan ke Korban Tsunami Banten

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) juga memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban keganasan laut di Desa Taman Jaya Kecamatan Sumur Pandeglang.

PANDEGLANG – Tidak hanya fokus dalam melakukan pencarian korban tsunami Selat Sunda, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) juga memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban keganasan laut di Desa Taman Jaya Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Bantuan diberikan secara langsung oleh Direktur Operasi Basarnas Brigjen Budi Purnama, Jumat (28/12/2018) kepada Lurah setempat dengan disaksikan warga yang menjadi korban. Bantuan berupa bahan makanan dan pakaian layak pakai tersebut merupakan hasil uang dikumpulkan oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas.

Taman Jaya merupakan salah satu lokasi terdampak yang cukup parah. Berdasarkan data yang diterima Basarnas, ada sebanyak 617 kepala keluarga yang menjadi korban dan mengungsi. Kebanyakan dari mereka mengungsi di rumah-rumah warga yang aman dari terjangan tsunami.

“Ini adalah upaya yang dilakukan ibu-ibu Dharma Wanita Pusat Basarnas yang diketahui oleh Ibu Luly Syaugi dengan harapan perhatian dan bantuan ini dapat meringankan beban,” ujar Direktur Operasi saat memberikan bantuan di Desa Taman Jaya.

“Tentunya kita sadari tidak mampu mengcover seluruh daerah yang ada. Pemberian bantuan ini sengaja kita datang jauh-jauh ke Taman Jaya Ujung Kulon agar langsung dapat diterima masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

Sementara terkait operasi pencarian korban Budi mengatakan bahwa terhitung tanggal 22 hingga 28 Desember sudah masuk hari ketujuh, namun untuk pencarian dilanjutkan selama tiga hari karena masih ditemukan satu korban di pesisir pantai PLTU Labuan.

“Diinstruksikan oleh Kepala Badan untuk melanjutkan operasi karena masih kita temukan satu korban. Dalam teknis Basarnas ini di bawah leading sector BNPB laksanakan tugas evakuasi korban di tiga hari tanggap darurat pertama hingga hari ketujuh,” tutur Jenderal Bintang Satu ini.

Hingga berita ini diturunkan Basarnas bersama tim gabungan lainnya sudah mengevakuasi korban meninggal sebanyak 425 orang. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ