Beranda Kesehatan Tak Cuma Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Tak Cuma Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Ilustrasi - glitzmedia.com

SERANG – Jeruk, salah satu buah yang banyak digemari dan menjadi hidangan khas yang muncul saat Imlek. Rasanya yang tidak hanya menyegarkan ini rupanya bukan cuma cocok dijadikan minuman apapun tetapi memiliki segudang manfaat kesehatan.

Buah berwarna jingga ini mempunyai kandungan nutrisi berupa protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, folat, hingga kalium. Jeruk juga diperkaya vitamin C dan senyawa penting lainnya yakni antioksidan seperti flavonoid serta karotenoid.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan

Selain punya makna sebagai pembawa rezeki dalam tradisi Imlek, berikut ini berbagai manfaat jeruk bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Nutrisi dan senyawa tumbuhan dalam jeruk yakni vitamin C, flavonoid, dan karotenoid memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Anemia

Jeruk ternyata bisa mencegah anemia, hal ini dikarenakan vitamin C yang tinggi dalam kandungan jeruk. Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

3. Mencegah Tubuh Terkena Penyakit Kronis

Rutin mengonsumsi jeruk dan buah sitrus lainnya juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Misalnya seperti diabetes dan beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker perut, kanker kepala dan leher.

Terlebih lagi, diet tinggi buah-buahan, termasuk buah jeruk, dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Nutrisi ini sangat penting untuk fungsi sel kekebalan seperti sel pembunuh alami.

Selain itu vitamin C juga diperlukan untuk proses yang disebut apoptosis. Proses ini merupakan regenerasi atau pergantian sel-sel tua yang rusak mati, untuk diganti dengan sel-sel baru yang sehat.

5. Mencegah Kerusakan Kulit

Kandungan antioksidan dalam jeruk juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas diketahui bisa menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan.

6. Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi jus jeruk mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah gula darah yang menjadi pemicu diabetes. Hal ini berkat kandungan serat yang terdapat di dalam jeruk.

7. Bagus Untuk Pencernaan

Jeruk mengandung asupan serat yang cukup tinggi sehingga mengonsumsi jeruk dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Asupan serat yang baik dapat mendukung keteraturan dan mendorong bakteri usus yang bermanfaat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ