Beranda Pemerintahan Syafrudin Minta LPTQ Gali Potensi Qori dan Qoriah di Kota Serang

Syafrudin Minta LPTQ Gali Potensi Qori dan Qoriah di Kota Serang

Walikota Serang Syafrudin - foto istimewa

SERANG – Walikota Serang Syafrudin menegaskan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Serang, agar dapat mengembangkan potensi Qori dan Qoriah Kota Serang. Syafrudin mengatakan, jangan sampai Qori dan Qoriah Kota Serang justru ditarik ke kota dan kabupaten lain.

“Ini saya rasa tugas dari LPTQ Kota Serang agar dapat mengembangkan potensi Qori dan Qoriah Kota Serang. Karena sudah banyak Qori dan Qoriah Kota Serang yang malah ditarik oleh kota dan kabupaten lain,” ucapnya, Rabu(27/10/2020).

Dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang akan digelar pada November mendatang, Syafrudin meminta agar LPTQ di tingkat kecamatan dapat menggali potensi dari Qori dan Qoriah yang ada di wilayahnya. Dengan demikian, MTQ nanti dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Walikota Serang menargetkan Kota Serang dapat menjuarai kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten dan nasional. Sebab apabila Kota Serang kembali kalah, hal tersebut membuat harga diri Kota Serang yang dikenal sebagai Kota Santri tercoreng.

“MTQ itu di samping adalah salah satu prestasi, kemudian kaitannya juga terkait dengan prestise atau harga diri dari Kota Serang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, harga diri yang dimaksud yakni anggapan orang banyak bahwa Kota Serang merupakan Kota Santri, yang memiliki banyak Qori dan Qoriah yang kualitasnya setara tingkat nasional dan internasional.

“Tapi ketika dilombakan di tingkat provinsi, malah di urutan yang tidak diperhitungkan. Maka kami menekankan untuk bisa membawa nama baik Kota Serang di ajang MTQ tingkat provinsi bahkan nasional,” ujarnya.

Ketua Harian LPTQ Kota Serang, Shobari HS, menegaskan kepada seluruh LPTQ kecamatan agar dapat menggali potensi warga di wilayahnya. Sebab dari berbagai cabang yang dilombakan, pihaknya akan memprioritaskan peserta lokal.

“Kami juga bekerja sama dengan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) yang ada di Kota Serang. Dari berbagai cabang, apabila ada yang mumpuni untuk diajak, maka kami ajak. Namun kami tetap prioritaskan peserta lokal dari warga Kota Serang,” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa Kota Serang sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam hal Tilawah Quran. Kendati dirinya baru menjabat sebagai ketua harian beberapa waktu yang lalu, namun ia menargetkan agar Kota Serang mampu masuk dalam tiga besar di ajang MTQ tingkat provinsi.

“Kami optimistis Kota Serang dapat masuk dalam tiga besar. Kami saat ini sengaja mengawali pelaksanaan STQ dibanding kota dan kabupaten lain. Kami akan merangkul Qori dan Qoriah yang andal di Kota Serang,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini