Beranda Politik Surya Paloh Dorong Ranta Jadi Menteri

Surya Paloh Dorong Ranta Jadi Menteri

196
0
Ranta Soeharta - foto istimewa

SERANG – Ketua Umum Partai  NasDem, Surya Paloh memproyeksikan mantan Sekda Banten, Ranta Soeharta untuk menduduki posisi setingkat menteri. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Partai NasDem, Willy Aditya.

“Pak Ranta dipanggil Pak Surya Paloh. Saya yang mendampingi, beliau (Ranta) mendapat pesan, pesan khusus dari ketum,” kata Willy Aditya, saat dihubungi wartawan, Selasa (17/7/2018) malam.

Meski tidak mengungkapkan tentang proyeksi khusus untuk Ranta dari Surya Paloh tersebut, namun Willy mengisyaratkan bahwa Ranta masuk daftar proyeksi calon menteri.

loading...

“Gambarannya kira-kira seperti Bu Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), beliau dari birokrat juga,” kata Willy.

Sebagai pejabat publik, Ranta dianggap memiliki tingkat elektoral yang baik. Namun saat ini, Partai NasDem  sedang mempersiapkan Ranta menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan (dapil) Banten II.

“Kami sudah mendaftarkan Pak Ranta ke KPU, caleg dapil Banten II. Sudah, sudah lengkap. Insya Allah, Nasdem menyiapkan beliau jadi wakil masyarakat Banten di Senayan,” kata Willy.

Dia optimistis Ranta mampu merebut kursi DPR RI dari dapil Banten II. Dari hasil survei, kata dia, Ranta memiliki tingkat elektoral yang tinggi sebagai pejabat publik. “Beliau punya elektabilitas dan popularitas yang cukup tinggi. Sebagai birokrat, track record Pak Ranta juga sangat baik. Beliau punya kapasitas, visioner, punya konsep yang jelas,” ucapnya.

Selain Ranta, juga terdapat pejabat daerah lainnya  yang didorong Partai NasDem  menjadi  caleg DPR RI. Mereka di antaranya mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, ada juga mantan Menteri Perdagangan Kabinet Kerja Rahmat Gobel, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Pembangunan VI, Hayono Isman. Dari kalangan artis, antara lain Kristina, Tessa Kaunang, Nafa Urbach, dan Manohara.

Selanjutnya, ada mantan juara dunia tinju Chris John dan desainer Nilu Djelantik. Adapun dari kalangan jurnalis, ada Elman Saragih, Charles Mediansya, dan Arief Suditomo. Total Nasdem telah mendaftarkan 575 calon anggota DPR-RI dari 80 daerah pemilihan di seluruh Indonesia.

Selain mendorong pejabat daerah masuk daftar caleg,  juga terdapat  sejumlah  pejabat  daerah  memilih merapat ke NasDem. Mereka adalah mantan Gubernur, Adnan Saleh,  yang sebelumnya dikenal sebagai pentolan Golkar di Sulbar dan menjadi gubernur pertama di provinsi hasil pemekaran tersebut.

Selain keduanya, di Sulawesi ada juga Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, yang turut bergabung ke Nasdem. Dia sebelumnya dikenal sebagai Ketua DPD Gerindra Sulut. Ada pula Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.  (you/red)