Beranda Uncategorized Survei Terbaru, Suara Parpol Jokowi Ungguli Pihak Prabowo

Survei Terbaru, Suara Parpol Jokowi Ungguli Pihak Prabowo

Jokowi-Prabowo - foto istimewa detik.com

SERANG – Ada survei terbaru untuk Capres-Cawapres 2019. Dalam survei di 10 provinsi, suara parpol-parpol koalisi pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 mengungguli suara parpol koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun Partai Gerindra diprediksi bakal mencetak rekor tersendiri.

Itu adalah hasil survei LSI Denny JA, sebagaimana dikutip dari paparan mereka, Jumat (2/11/2018). Survei dipaparkan oleh peneliti Adjie Alfarabie.

Hasil survei di 10 provinsi menunjukkan PDIP jadi juara atau menang paling banyak, yakni di 5 provinsi (Sumut, Sumsel, Lampung, DKI, Jateng). Gerindra di tempat kedua dengan memenangi 3 provinsi (Riau, Banten, Jawa Barat). Golkar di posisi ketiga dengan memenangi 1 provinsi, yakni Sulawesi Selatan.

“LSI Denny JA menemukan bahwa selain Provinsi Riau, total dukungan/elektabilitas partai-partai koalisi Jokowi-Maruf masih unggul di sembilan provinsi dari pasangan Prabowo-Sandi,” kata Adjie dilansir detik.com.

LSI Denny JA mengakui survei di 10 provinsi ini tak bisa memunculkan kesimpulan untuk mengukur kekuatan parpol secara nasional karena survei ini belum setingkat nasional. Namun paling tidak, dari survei ini bisa dihitung kekuatan parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi di 10 provinsi besar.

“Jika elektabilitas partai-partai koalisi Jokowi-Maruf digabung, maka total dukungan partai koalisi Jokowi-Maruf unggul di atas dua digit di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Sedangkan di Provinsi Jawa Barat, Banten, DKI, dan Sumatera Selatan, meski total dukungan partai koalisi Jokowi lebih unggul, keunggulan hanya di bawah dua digit,” kata Adjie.

Meski koalisi parpol pendukung Prabowo-Sandi masih kalah suara dibanding parpol pro-Jokowi-Ma’ruf, ada catatan yang diprediksi bakal diraih Gerindra karena efek pencapresan Prabowo.

“Walau sebagai capres, Prabowo masih kalah dua digit dibandingkan Jokowi, namun Prabowo berhasil mengangkat Gerindra menjadi nomor dua. Rankingpaling tinggi dalam sejarah Gerindra,” kata Adjie.

Survei digelar di 10 provinsi terbesar, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan. Survei digelar pada 4-14 Oktober 2018. Survei setiap provinsi menggunakan 600 responden. Margin of error setiap provinsi sebesar 4,1 %. Total responden yang diambil dari 10 provinsi tersebut adalah 6.000 responden. Survei juga dilengkapi penelitian kualitatif, dengan metode analisis media, diskusi kelompok terarah, dan wawancara mendalam. Biaya survei ditanggung LSI Denny JA.

Berikut ini hasil penjumlahan suara parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf vs Prabowo-Sandiaga di 10 provinsi:

1. Jawa Barat
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 40,9%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 10,3%

2. Jawa Timur
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 52,6%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 10,3%

3. Jawa Tengah
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 59,3%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 9,4%

4. Sumatera Utara
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 40,5%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 28,1%

5. Banten
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 36,2%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 35,4%

6. DKI Jakarta
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 35,7%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 28,3%

7. Sulawesi Selatan
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 47,6%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 25,8%

8. Lampung
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 56,6%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 20,2%

9. Sumatera Selatan
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 42,3%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 35,2%

10. Riau
Parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf: 23,7%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 36,1%

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini