Beranda Uncategorized Survei LSI Denny JA : Gerindra Rebut Suara PDIP di Banten dan...

Survei LSI Denny JA : Gerindra Rebut Suara PDIP di Banten dan Jabar

Ilustrasi - foto istimewa Republika.co.id

 

JAKARTA – Partai Gerindra berhasil merebut basis suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam pemilihan legislatif di Banten dan Jawa Barat (Jabar).

Dari hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Gerindra berada di posisi pertama dengan tingkat elektabiltas 20,2 persen suara. Sementara PDIP berada di posisi kedua dengan perolehan 17,8 persen suara dan disusul Partai Golkar di posisi ketiga dengan 11,3 persen suara.

Dalam Pileg 2014, PDIP unggul di posisi pertama dengan perolehan 19,6 persen suara. Sedangkan Golkar di posisi kedua dengan perolehan 16,7 persen suara, diikuti Gerindra di posisi ketiga dengan perolehan 11,2 persen suara.

“Gerindra sementara mengambil posisi pertama dari pemenang PDIP di tahun 2014,” seperti dikutip dari keterangan rilis hasil survei LSI Denny JA yang dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (2/11).

Dari hasil survei, Gerindra juga unggul di Provinsi Banten dengan perolehan 26,3 persen suara. Sementara PDIP berada di urutan kedua dengan 19,3 persen suara disusul Golkar di posisi ketiga dengan 7 persen suara, Demokrat 4,8 persen suara, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3,5 persen suara.

Hasil survei ini juga berbeda dengan hasil pileg di Banten pada 2014.

Saat itu PDIP unggul di posisi pertama dengan 16,8 persen suara, sedangkan Golkar di posisi kedua dengan 13,4 persen suara, Gerindra di posisi ketiga dengan 13,2 persen suara, disusul secara berurutan Demokrat di posisi keempat dengan 10,4 persen suara, dan PPP di urutan kelima dengan 8,5 persen suara.

“Dari hasil survei ini, Gerindra sementara memimpin di Banten,” ujarnya.

Selain di Jabar dan Banten, Gerindra juga unggul di Provinsi Riau menggeser posisi Golkar yang berada di posisi pertama dalam Pileg 2014.

Dari hasil survei, Gerindra memperoleh 22,2 peren suara, disusul PDIP 9,3 persen suara, Golkar 7,2 persen suara, Demokrat 6,5 persen suara, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 4,2 persen suara.

Sementara dari hasil Pileg 2014, Gerindra di posisi kelima dengan perolehan 9,7 persen suara. Di atasnya secara berturut-turut yakni Demokrat 9,8 persen suara, PAN 10 persen suara, PDIP 14 persen suara, dan Golkar 20,4 persen suara. (red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini