Beranda Bisnis Status BDPK Dicabut OJK, Komisi III Minta Pemprov Segera Pindahkan RKUD ke...

Status BDPK Dicabut OJK, Komisi III Minta Pemprov Segera Pindahkan RKUD ke Bank Banten

Ketua Komisi III DPRD Banten, Gembong R Sumedi. (Foto: Iyus/Bantennews).

SERANG – Komisi III DPRD Banten meminta Gubernur Banten Wahidin Halim segera memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) kembali ke PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten atau Bank Banten. Hal itu menyusul pencabutan status Bank Dalam Pengawasan Khusus (BDPK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada, Kamis (5/5/2021) lalu.

Seperti diketahui, OJK secara resmi menyatakan Bank Banten kembali sehat dan bisa beroperasi secara normal.

Ketua Komisi III DPRD Banten, Gembong R Sumedi mengatakan, tak ada alasan lagi bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk segera mempercepat pemindahan RKUD dari BJB ke Bank Banten.

“Kita minta agar RKUD segera dikembalikan ke Bank Banten untuk mempercepat penyehatan Bank Banten secara penuh,” kata Gembong, Selasa (10/5/2021).

Penyematan status Bank Banten menjadi bank sehat, lanjut Gembong, juga menjadi salah satu modal bank milik Pemprov itu dapat bersaing dengan bank konvensional lainnya.

Selain itu, Gembong juga mengingatkan pengurus atau jajaran direksi Bank Banten harus bertindak secara cepat dalam merespons pencabutan status BDPK ke Bank sehat.

Paling tidak, kata Gembong Bank Banten harus mampu meyakinkan masyarakat para nasabah untuk bisa menanamkan investasi saham di Bank Banten.

“Sampaikan ke publik bahwa Bank Banten bisa melakukan semua transaksi perbankan. Selama ini kan transaksi yang ada masih dibatasi,” katanya.

Sebelumnya, WH mengakui optimis bahwa Bank Banten dinyatakan segera sehat setelah pengukuhan jajaran manajemen Bank Banten pada 5 Mei 2021.

Mantan Walikota Tangerang itu membeberkan alasan  Bank plat merah itu dapat kembali sehat lantaran telah memenuhi seluruh persyaratan dari OJK.

“Nah persyaratan itu permodalan, likuiditas, penyelesaian kredit bermasalah, serta pergantian pengurus jajaran manejemen,” katanya.

Atas kondisi itu, WH meminta jajaran direksi Bank Banten untuk bekerja keras demi mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Banten.

“Bank Banten sekarang sudah sehat. Artinya harus bekerja keras lagi agar dipercaya masyarakat,” pungkasnya. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini