Beranda Pemerintahan Sosialisasi Pemilu, Sekda Cilegon : ASN Harus Jaga Iklim Demokrasi yang Kondusif

Sosialisasi Pemilu, Sekda Cilegon : ASN Harus Jaga Iklim Demokrasi yang Kondusif

ASN Pemkot Cilegon saat mengikuti sosialisasi pemilu. (Foto : Gilang)

CILEGON – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerja Pemkot Cilegon mengikuti sosialisasi tentang pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD yang dihelat oleh Bagian Pemerintahan Setda Kota Cilegon dengan melibatkan KPU, Bawaslu, Polres dan Kodim 0623 Cilegon di Aula Setda II Pemkot Cilegon, Selasa (27/11/2018).

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Sari Suryati yang mewakili Plt Walikota Cilegon mengatakan, penyelenggaraan pemilu ini merupakan proses membangun kedewasaan berdemokrasi warga negara, dan ASN sendiri memiliki andil dalam menyukseskan perhelatan demokrasi lima tahunan tersebut melalui proses terciptanya iklim demokrasi yang kondusif.

“Iklim yang kondusif merupakan modal utama suksesnya penyelenggaraan pemilu. Melalui iklim berdemokrasi yang baik, proses pemilu akan mampu mengundang partisipasi yang tinggi dari masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Kepada ASN yang kerap menjadi model, figur dan keteladana di maayarakat dirinya mengimbau agar mampu memberikam contoh yang baik demi terciptanya iklim demokrasi yang aman dan tenteram.

“Kepada ASN saya mengimbau, gunakan hak pilih secara baik dan pilihlah calon sesuai dengan keinginan masing-masing. Yang terpenting, siapa pun pilihannya tidak menjadi masalah, karena akan menjadi masalah ketika perbedaan pilihan itu justru akan memicu konflik di lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi memaparkan bahwa pemilihan umum itu serentak akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang. Di kalangan awam, belum mengetahui lebih jauh bila dalam prosesi itu nantinya pemilih akan dihadapkan dengan lima kotak suara yang terdiri dari pemilihan presiden dan wakil presiden serta legislatif.

“Kalau di pemilu legislatif sebelumnya kotak suara itu ada empat, sekarang ada lima. Ini tentunya juga akan kita sampaikan kepada Camat, lurah, karena ini juga menyangkut logistik yang nanti akan kita suplai,” katanya.

Rencananya, sosialisasi itu sendiri akan berlangsung hingga besok yang turut akan diikuti oleh RT dan RW se Kota Cilegon. (dev/red)