Beranda Pemerintahan Soal Pj Walikota Serang, DPRD Banten Harap Kemendagri Tunjuk Putra Daerah

Soal Pj Walikota Serang, DPRD Banten Harap Kemendagri Tunjuk Putra Daerah

Ketua Komisi III DPRD Banten, Gembong R Sumedi.

SERANG – Teka-teki sosok pejabat eselon II yang akan ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Walikota Serang masih belum jelas. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sendiri masih bungkam terkait sosok pengganti Syafrudin yang akan berakhir masa jabatannya sebagai Walikota Serang, besok, Selasa (5/12/2023).

Terkait hal itu, anggota DPRD Banten Gembong R Sumedi berharap sosok yang akan menjadi Pj Walikota Serang merupakan putra daerah. Meski begitu, dirinya menyerahkan sepenuhnya penunjukkan Pj kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Itu memang kewenangan Kemendagri. Dalam prosesnya memang meminta masukan DPRD. Tapi keputusan tetap di Kemendagri,” kata Gembong kepada awak media di KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (4/12/2203).

Namun, gembong berharap Kemendagri menunjuk pejabat dari putra daerah.

“Sebagai masyarakat (berharap putra daerah). Karena sudah paham, nggak perlu adaptasi tinggal lari. Tapi kalau Kemendagri sudah memutuskan yah gimana lagi,” katanya.

Seperti diketahui, kepala daerah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak saat ini dijabat Pj Bupati. Dimana kedua pejabat merupakan pejabat pusat.

Sementara informasi yang dihimpun, Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pj Walikota Serang sudah diterima oleh Pemprov Banten.

Pj Walikota Serang yang dipilih Presiden RI Joko Widodo ini bakal mengisi kekosongan jabatan usai Walikota Serang Syafrudin memasuki akhir masa jabatannya 5 Desember 2023 nanti.

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar juga bungkam terkait sosok yang akan menduduki kursi nomor satu di Kota Serang itu. Ia mengatakan, pelantikan Pj Walikota Serang disesuaikan masa jabatan.

“Sesuai masa waktu. Tidak boleh ada kekosongan jabatan,” tegasnya.

Diketahui, DPRD Kota Serang mengusulkan tiga nama pejabat lokal untuk menduduki jabatan Pj Walikota Serang. Ketiganya yakni Sekda Kota Serang Nanang Saefudin, Sekretaris DPRD Kota Serang Ahmad Nuri, dan Sekretaris DPRD Banten Deden Apriandhi. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini