Beranda Pendidikan SMP Islam Al-Azhar BSD Utus Siswa Dalam Misi Budaya dan Studi Banding...

SMP Islam Al-Azhar BSD Utus Siswa Dalam Misi Budaya dan Studi Banding ke Eropa

Guru dan siswa SMP Islam Al-Azhar BSD, Tangsel. (Ist)

TANGSEL – SMP Islam Al-Azhar BSD mengutus siswa terbaiknya dalam kegiatan Misi Budaya dan Studi Banding ke Benua Eropa. Pada kesempatan ini peserta didik terpilih akan mengikuti kompetisi Sea Sun Internasional yang diselenggarakan pemerintah Spanyol pada tanggal 29 April 2024.

Sea Sun Internasional, merupakan sebuah kompetisi Internasional bergengsi dalam bidang tari, musik, dan seni yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara di seluruh belahan dunia.

Adapun katagori lomba yang akan di ikuti oleh peserta didik SMP Islam Al-Azhar BSD adalah social dance (Tari Walijamaliha), musical, guitarists ensembles, dan folk dance (Tari Ratoh Jaroe). Tidak tanggung-tanggung, dalam setiap kategori lomba SMP Islam Al-Azhar BSD mengirim beberapa peserta atau tim yang berbeda.

Untuk kategori lomba social dance SMP Islam Al-Azhar BSD mengirim satu tim yang terdiri dari 5 peserta didik; lomba musical mengirim satu tim yang terdiri dari 14 peserta didik; lomba guitarists ensembles mengirim 3 peserta didik; dan lomba folk dance mengirim satu tim yang terdiri dari 14 peserta didik.

Dalam persiapannya, seluruh peserta lomba dilatih oleh para profesional dibidangnya. Latihan intensif sudah dilaksanakan mulai dari bulan November yang dilaksanakan tiga kali dalam seminggu dan menjadi lebih intens yakni setiap hari di bulan Februari. Bahkan untuk dapat meraih gelar juara, peserta lomba dengan semangat tetap berlatih pada bulan Ramadhan.

Di akhir masa liburan sekolah, tepatnya 5 April 2024 peserta lomba sudah hadir kembali di sekolah untuk melaksanakan latihan dan gladi bersih di tanggal 17 April 2024.

Ditemui seusai gladi bersih, Kepala SMP Islam Al-Azhar BSD, Dede Riki berpesan kepada peserta lomba dapat mengikuti kompetisi dengan penuh semangat dan keyakinan. Hal itu untuk menjadi pengalaman berharga bagi para peserta di ajang lomba internasional.

“Selain latihan yang intens, persiapan yang dilakukan untuk Sea Sun Internasional adalah mempersiapkan kostum dan riasan menarik yang dapat menambah nilai keindahan pada pribadi peserta didik,” ujar Dede Riki.

Sesuai dengan tujuan kegiatannya, Misi Budaya dan Studi Banding ke Benua Eropa, peserta didik yang sudah selsai mengikuti kompetisi Sea Sun Internasional di tanggal 29 April 2024 akan melanjutkan kegiatan mereka yaitu, melakukan studi banding.

“Mereka akan mengunjungi BHS-Barcelona High School dan melaksanakan studi banding tepatnya pada tanggal 30 April 2024. Tidak hanya berkegiatan di Spanyol, mereka juga akan mengunjungi beberapa negara yang ada di Eropa, seperti Belanda, Paris, Italia, Belgia, Liechtenstein, dan Monako guna mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas yang menyenangkan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Islam Al-Azhar BSD, Suci Lestari M selain mengukir prestasi melalui ajang lomba tari dan ansambel musik, pihaknya berharap siswa akan terbuka wawasannya.

“Di Barcelona high school (BHS) mereka akan belajar tentang bagaimana pembelajaran dan kegiatan-kegiatan di sekolah tersebut dan yang lebih penting dari itu adalah anak-anak akan belajar mandiri dan disiplin selama 14 hari jauh dari orangtua,” tutur Suci.

Kegiatan ini mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak diantanyanya, Yayasan Muslim Bumi Serpong Damai yang diwakili Winny Rusbandi selaku Bendahara Yayasan, keluarga besar SMP Islam Al-Azhar BSD, dan orangtua siswa. Mereka berharap, kegiatan ini dapat mejadi pengalaman berharga dan berbeda yang dapat membawa dampak besar yang positif bagi seluruh peserta. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News