Beranda Pemerintahan SKB CPNS Cilegon Dilaksanakan Sesuai Protokol Kesehatan

SKB CPNS Cilegon Dilaksanakan Sesuai Protokol Kesehatan

Ilustrasi - foto istimewa JawaPos.com

CILEGON – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon bakal menggelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Menurut rencana Tes SKB bakal dilaksanakan pada 7 Oktober 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan kesejahteraan, dan Administrasi BKPP Kota Cilegon, Budhi Mustika menjelaskan bahwa sesuai surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: K26-30/V116-4/99 tanggal 27 Juli 2020 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019 dan menindaklanjuti Surat Edaran Kepala BKN nomor 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode Computer Assisted Test dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pelaksanaan satu hari, dibagi ke tiga sesi, dalam satu sesi sekitar 150 orang. Masing-masing sesi 90 menit,” kata Budhi, Rabu (9/9/2020).

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian Pegawai pada BKPP Kota Cilegon, Geggoh Tinambunan mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan SKB CPNS tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Peserta wajib pakai masker, pakai face shield, sarana cuci tangan disediakan, jaga jarak, diukur suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan Tes SKB,” terang Geggoh.

Geoggoh menjelaskan, di sela-sela pergantian sesi, ruangan akan disemprot disinfektan. Bagi yang suhu tubuhnya lebih dari 37,3 derajat celcius dilarang masuk dan akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut oleh petugas  yang turut bertugas saat pelaksanaan tes SKB CPNS.

Kemudian, peserta akan diberi waktu sehari setelah pelaksanaan tes SKB CPNS yang reguler. “Itupun ruangnya terpisah dan ada pengawasan khusus,” ucapnya.

Menurut Geggoh, peserta tes SKB CPNS 2019 juga diimbau melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu 14 hari sebelum pelaksanaan tes SKB.

“Kita berharap pelaksanaan tes CPNS tidak menjadi penyebaran Covid-19 meski dilaksanakan masih dalam kondisi pandemi,” harapnya.

Kata Geggoh, dari total 4.500 peserta SKD CPNS pada 2019 yang mendaftar di Kota Cilegon, hanya sebanyak 450 orang yang akan mengikuti tes SKB. Ia mengimbau kepada para peserta tes SKB untuk terus memantau informasi pelaksanaan tes SKB di instagram resmi BKPP smartASNcilegon. Informasi pun akan disampaikan melalui akun sscn.bkn.go.id masing-masing peserta seleksi SKB CPNS 2019.

“Kita juga membuat channel youtube yang akan digunakan untuk pengumuman nilai hasil SKB,” ungkapnya.

Geggoh menambahkan sesuai dengan SE BKN, orang tua ataupun kerabat tidak diperkenankan hadir di area tes CPNS.

“Hanya peserta tes SKB CPNS yang akan diizinkan masuk area lokasi tes di Hotel Grand Mangku Putera Cilegon. Orangtua gak boleh nganter, hasilnya akan live streaming di channel smart ASN Cilegon, sama kayak akun instagram, jadi tidak ada lagi ngumpul untuk melihat hasil nilai di lokasi tes,” paparnya.

(Man/Red)