Beranda Gaya Hidup Kesalahan yang Sering Dilakukan Setelah Olahraga

Kesalahan yang Sering Dilakukan Setelah Olahraga

Ilustrasi - foto istimewa momyasia.id

Sangat disanyangkan jika melakukan hal yang sabaiknya tidak dilakukan setelah berolahraga, seperti tidak ganti baju atau segera makan.

Saat kelelahan, tubuh mengirimkan sinyal ke otak berupa rasa lapar atau haus. Tentunya, Anda harus segera menyanggupi permintaan tersebut. Jadi, apa yang harus dilakukan setelah olahraga?

Kesalahan Setelah Olahraga

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan setelah melakukan latihan ti tempat gym seperti dilansir doktersehat.com.

1. Tidak melakukan pendinginan

Melakukan pendinginan setelah berolahraga seringkali dianggap remeh dan dilewatkan oleh banyak orang. Padahal melakukan pendinginan setelah berolahraga adalah hal yang penting dan harus dilakukan. Melakukan pendinginan akan memberikan waktu untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah agar kembali ke tekanan darah yang normal.

Dengan melakukan pendinginan setelah olahraga juga bisa menurunkan risiko cedera setelah berolahraga. Lee Boyce, seorang pelatih kebugaran dan pemilik Boyce Training System di Toronto menyarankan untuk melakukan pendinginan seperti aerobik ringan atau berjalan santai di treadmill setelah berolahraga.

2. Lupa melakukan peregangan

Setelah olahraga sebaiknya melakukan peregangan. Ini juga sama pentingnya dengan melakukan pendinginan. Peregangan tak hanya perlu dilakukan sebelum olahraga sebagai bentuk pemanasan, melainkan juga setelah olahraga. Seringkali orang melewatkan bagian peregangan setelah olahraga dan langsung istirahat, tanpa melakukan pendinginan.

Menurut peneliti Jordan Metzl M.D, melakukan peregangan setelah berolahraga bisa mengurangi rasa pegal-pegal dan otot kaku besok harinya setelah olahraga. Mengurangi rasa pegal tak hanya membuat Anda lebih nyaman, tetapi juga membuat Anda tak kapok untuk berolahraga lebih sering.

3. Tidak ngemil setelah olahraga

Makanan akan memberikan asupan energi sebelum berolahraga, namun makanan juga tidak boleh diremehkan manfaatnya setelah olahraga. Kebanyakan orang malas makan atau ngemil setelah berolahraga, karena mereka takut berat badan bertambah dan efek olahraga menjadi tidak maksimal. Padahal makan setelah berolahraga baik untuk membantu perbaikan otot. Setelah olahraga sebaiknya mengonsumsi makanan ideal, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat dan protein seperti yogurt, blueberry, atau kacang tanah.

4. Tidak berganti pakaian

Setelah berolahraga biasanya seseorang akan malas berganti pakaian karena sudah nyaman menggunakan pakaian yang dipakai saat olahraga. Meski begitu, mengganti pakaian adalah hal yang penting dilakukan setelah berolahraga. Menggunakan pakaian yang masih mengandung keringat akan menimbulkan kelembapan dan memicu munculnya infeksi jamur, menurut para ahli. Setelah olahraga sebaiknya segera ganti pakaian dengan yang lebih bersih agar tidak menimbulkan jamur pada kulit Anda.

5. Tidak mandi

Meski banyak orang yang risih ketika tak mandi setelah olahraga, namun tak sedikit juga yang merasa baik-baik saja, bahkan malas untuk mandi setelah olahraga. Tidak mandi setelah olahraga tak hanya membuat tubuh Anda berbau dan mengganggu orang sekitar, namun juga bisa berimbas buruk untuk kesehatan.

Jika Anda tak mandi setelah berolahraga, kulit akan semakin sulit bernapas dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang memicu gatal-gatal pada tubuh. Karena itu, mandi setelah berolahraga sangat penting untuk mencegah gatal-gatal dan munculnya bakteri pada tubuh.

6. Tidak tidur

Tidur setelah berolahraga juga penting bagi tubuh Anda. Banyak orang yang langsung beraktivitas dan tidak membiarkan tubuh mereka beristirahat setelah berolahraga. Padahal tubuh perlu beristirahat dan setelah olahraga tidur. Tubuh perlu menyembuhkan diri dan membangun otot yang lebih kuat setelah berolahraga.

Itulah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang setelah berolahraga. Kesalahan tersebut memang tampak remeh, namun bisa memberikan masalah pada kebugaran tubuh Anda jika terlalu sering dilakukan. Karena itu, lebih baik hindari melakukan kesalahan-kesalahan di atas setelah olahraga.

Nah, mulai sekarang jangan lagi melakukan kebiasan buruk tersebut, ya, Teman Sehat!

Tidak mandi setelah olahraga tak hanya membuat tubuh Anda berbau dan mengganggu orang sekitar, namun juga bisa berimbas buruk untuk kesehatan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini