Beranda Olahraga Begini Cara Enak Bakar 140 Kalori dengan Santai

Begini Cara Enak Bakar 140 Kalori dengan Santai

Ilustrasi - foto istimewa Klikdokter.com

Menurut penelitian terbaru di Inggris, ada cara enak dan nyaman membakar kaloritanpa perlu melakukan olahraga berat. Cara itu cukup dengan berendam di air hangat.

” Cukup berendam di air hangat, 140 kalori yang ada di tubuh kamu akan terbakar begitu saja,” ungkap peneliti di Nottingham Trent University, dikutip dari dream.co.id.

Ternyata, berendam di air hangat memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat bagus bagi pria dan wanita. Sebagai bagian dari penelitian tersebut, separuh sukarelawan berendam di air bersuhu 400 Celcius.

Sementara yang lain diminta melakukan olahraga bersepeda selama satu jam. Kelompok yang bersepeda mampu membakar lebih banyak kalori. Demikian juga dengan yang berendam air hangat, meski tidak sebanyak yang bersepeda.

Namun, kelompok yang berendam air hangat mendapat manfaat kesehatan tambahan, seperti menjaga kadar gula darah dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Ahli Fisiologi Olahraga di Nottingham Trent University, Steve Faulkner, menjelaskan, ketika seseorang berendam di air panas, tubuh akan berusaha agar tidak kepanasan.

” Caranya dengan memperlebar pembuluh darah agar bisa memindahkan sebagian panas dari darah ke lingkungan sekitarnya. Perubahan ini berdampak pada tekanandarah,” ungkap Faulkner.

” Dan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, irama detak jantung juga akan meningkat. Respon fisiologis ini sangat mirip dengan ketika kita berolahraga,” tambah dia.

Penelitian ini juga menemukan fakta uniktentang orang-orang yang rajin sauna atau berendam air panas. Menurut Faulkner, orang yang demikian memiliki risiko minim mengidap penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Meski begitu, ia tetap menyarankan untuk berolahraga secara teratur. Berendam air hangat bukan jalan pintas untuk mendapatkan kebugaran atau sebagai pengganti olahraga.

” Tetapi bagi orang yang tidak bisa berolahraga, mungkin karena kondisi kesehatan tertentu atau cacat, berendam air hangat bisa menjadi pilihan yang bagus,” pungkas Faulkner. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News