Beranda Peristiwa Siang Ini Bakal Ada Gerhana Matahari, BMKG : Pakai Kacamata Khusus

Siang Ini Bakal Ada Gerhana Matahari, BMKG : Pakai Kacamata Khusus

Ilustrasi - foto istimewa merahputih.com

SERANG – Gerhana matahari cincin menyambangi Indonesia di akhir tahun 2019. Ada 7 provinsi yang dilewati Gerhana matahari cincin. Gerhana matahari cincin bisa dilihat di sejumlah wilayah Indonesia hari ini, Kamis (26/12/2019).

Sebagai penjelasan, gerhana matahari cincin adalah peristiwa terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan matahari oleh piringan bulan. Saat puncak gerhana, matahari yang terlihat dari bumi akan tampak seperti cincin.

Ada lima fase gerhana matahari, yaitu saat kontak awal, kontak kedua, puncak gerhana, kontak ketiga, dan kontak akhir gerhana.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis 25 kota/kabupaten di 7 provinsi yang disambangi gerhana matahari cincin beserta perkiraan waktu puncak gerhana. Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari detik.com.

1. Aceh (Sinabang 11.55 WIB, Singkil 12.00 WIB)
2. Sumatera Utara (Sibolga, Pandan, Tarutung 12.04 WIB; Padang Sidempuan, Sipirok 12.06 WIB; Gunung Tua 12.07 WIB, Sibuhuan 12.08 WIB)
3. Riau (Pasir Pengaraian 12.10 WIB, Dumai 12.14 WIB, Bengkali dan Siak Sri Indrapura 12.16 WIB; Selat Panjang 12.19 WIB)
4. Kepulauan Riau (Tanjung Pinang 12.26 WIB, Tanjung Balai Karimun 12.21 WIB, Batam 12.24 WIB, Bandar Seri Bentan 12.26 WIB)
5. Kalimantan Barat (Mempawah dan Singkawang 12.42 WIB, Sambas 12.43 WIB, Bengkayang 12.42 WIB, Putussibau 12.55 WIB)
6. Kalimantan Timur (Tanjungredep 13.10 WIB)
7. Kalimantan Utara (Tanjungselor 13.10 WIB)

Durasi cincin terlama di Selat Panjang selama 3 menit 40 detik. Sedangkan durasi gerhana terlama di Bengkalis selama 3 jam 51 menit 24,7 detik.

BMKG mengimbau masyarakat menggunakan kacamata dengan filter khusus saat mengamati gerhana matahari cincin. Peringatan ini dimaksudkan supaya masyarakat tidak mengalami kerusakan mata hingga kebutaan.

Dari Banten, Gerhana Matahari Cincin Akan Terlihat Seperti Bulan Sabit

Gerhana matahari cincin juga bisa disaksikan di sebagian wilayah Provinsi Banten.

Kepala seksi Data dan Informasi BMKG Kota Tangerang, Urip Setiyono menjelaskan, warga di wilayah Kota Tangerang dan beberapa kabupaten kota di Provinsi Banten bisa menyaksikan gerhana matahari cincin.

“Tapi bentuknya seperti bulan sabit dari sini,” ujar dia kepada Kompas.com, Minggu (15/12/2019) lalu.

Sedangkan di wilayah Indonesia, hanya warga di wilayah barat dan utara Pulau Sumatera yang bisa menyaksikan gerhana matahari penuh, seperti wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Urip mengatakan, ada 8 wilayah di Provinsi Banten yang bisa menyaksikan gerhana matahari cincin dalam bentuk bulan sabit. Di antaranya Serang, Cilegon, Rangkasbitung, Pandeglang, Ciruas, Tigaraksa, Tangerang dan Ciputat dengan waktu yang berbeda-beda.

“Kontak pertama terjadi sekitar pukul 10.40 WIB di kota Cilegon,” jelas dia.

Sedangkan kota lain mengikuti dengan jeda waktu sekitar 1 sampai 2 menit. Sedangkan puncak gerhana bisa disaksikan pada tengah hari pukul 12.33.31 WIB.

“Kontak keempat terjadi pukul 14.21 WIB,” kata dia.

Gerhana matahari tersebut akan berlangsung dengan rata-rata durasi 3 jam 40 menit di setiap kabupaten kota di Provinsi Banten.

Gerhana matahari cincin sendiri merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan. Fenomena ini terhadi karena posisi bulan ada di antara matahari dan bumi.

Bulan akan tampak lebih kecil dari ukuran matahari, sehingga ketika bulan menghalangi cahaya matahari, akan menyisakan sedikit piringan di pinggir matahari yang terlihat seperti cincin.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini