Beranda Kesehatan Seorang Warga Cilegon Diduga Suspect Cacar Monyet

Seorang Warga Cilegon Diduga Suspect Cacar Monyet

Ilustrasi - foto istimewa HelloSehat.com

CILEGON – Seorang warga Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon diduga suspect Cacar Monyet atau monkey Pox. Itu diketahui setelah warga berinisial Y tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Pulomerak pada Rabu (10/8/2022).

Namun demikian terkait hal tersebut pihak dinas kesehatan setempat masih melakukan penelitian medis lebih lanjut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Ratih Purnamasari sebelum diketahui diduga suspect Cacar Monyet, Y diperiksa oleh tim medis Puskesmas dan ditemukan gejala tidak spesifik monkey pox.

“Meskipun begitu dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit monkey pox dan memastikan upaya penemuan kasus dan respon sesuai kriteria kasus pada pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit monkey pox yang telah diterbitkan oleh Kemenkes per tanggal 30 Mei 2022, sehingga kami tetap melakukan pemeriksaan penunjang melalui laboratorium,” ujar Ratih saat konferensi pers di Kantor Dinkes Kota Cilegon, Kamis (11/8/2022).

Jajaran Dinkes Kota Cilegon memberikan keterangan pers terkait dugaan Kasus Suspect Cacar Monyet – (foto Usman Temposo/BantenNews.co.id)

Ratih menjelaskan bahwa Tim surveillance Puskesmas melaporkan ke tim surveillance Dinkes Kota Cilegon kemudian pada 8 agustus 2022 pukul 10.30 WIB Tim Dinkes kemudian ke Puskesmas dan dengan tim Surveilance Puskesmas melakukan investigasi  dan pelacakan kontak erat.

“Analis Lab Puskesmas melakukan pengambilan sampel swab orofaring, swab krusta lesi, dan pengambilan serum darah. Sampel dikirim ke LABKESDA Kota Cilegon untuk dikirim ke LITBANGKES Jakarta,” terangnya.

Ratih menuturkan bahwa saat ini pasien masih menjalani isolasi mandiri dan dalam keadaan umum baik, berdasarkan laporan pemantauan Puskesmas Pulomerak.

“Dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu resah, tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, jaga jarak. untuk mencari informasi tentang kesehatan silakan menghubungi puskesmas terdekat agar tidak terjadi berita hoax,” imbuhnya.

(Man/Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini