Beranda Pariwisata Selama Libur Lebaran, 1,2 Juta Wisatawan Diprediksi Berkunjung ke Banten

Selama Libur Lebaran, 1,2 Juta Wisatawan Diprediksi Berkunjung ke Banten

Wisatawan memadati salah satu wisata pantai di Anyer, Kabupaten Serang. (Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Balawista Provinsi  Banten memprediksikan bahwa selama liburan jumlah kunjungan wisata di Banten mencapai 1,2 juta orang.

Prediksi tersebut didasarkan pantauan di tiap objek wisata mulai dari destinasi wisata pantai, kolam renang maupun objek wisata lainnya yang tersebar di Provinsi Banten.

Ketua Balawista Banten, Ade Ervin menyampaikan bahwa kunjungan wisata selama libur Lebaran tahun 2022 ini cukup tinggi bila dibanding dengan tahun sebelumnya terhitung sejak 2018 lalu.

“Bahkan kami memprediksi jumlah kunjungan wisata tahun 2022 ini se Banten bisa mencapai kurang lebih 1,2 juta pengunjung,” kata Ade Ervin melansir Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Sabtu (7/5/2022).

Ade membandingkan dengan kunjungan 2018 karena pada tahun-tahun sebelum itu, angka kunjungan tertinggi terjadi pada 2018.

Pasalnya pada 2019 hingga 2021 itu ada sebab akibat yang membuat destinasi wisata di Banten, khususnya Pandeglang mengalami kelumpuhan.

“Ketika berbicara kondisi wisata di tahun 2019 melemah karena terdampak bencana tsunami Selat Sunda. Kemudian di tahun 2020 hingga 2021 itu akibat dampak Covid-19, maka angka kunjungan sekarang kita bandingkan dengan tahun 2018 lalu,” ujarnya.

Perbandingan kenaikan angka kunjungan wisatawan antara tahun 2018 dengan 2022 ini, dengan hitungan kasar kurang lebih 350 ribuan.

“Kenaikan angka kunjungan wisata tahun 2022 ini berkisar 350 ribuan dibanding dengan tahun 2018 lalu,” katanya.

Meski angka kunjungan wisata cukup signifikan, lanjut Ade, pihaknya mengklaim untuk kejadian atau peristiwa kecelakaan laut sangatlah minim. Karena sejauh ini, kondisi wisata di tiap destinasi wisata masih terpantau aman dan lancar.

“Sejauh ini tidak ditemukan adanya kecelakaan laut. Ya mudah-mudahan tidak ada, paling hanya ada beberapa anak kecil yang terpisah dengan orang tuanya, itupun petugas kami selalu sigap untuk menangkan hal itu,” ucapnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini