Beranda Pemerintahan Sejumlah Jabatan Eselon II Kosong, Pj Gubernur Banten: Kita Komunikasikan dengan Pusat

Sejumlah Jabatan Eselon II Kosong, Pj Gubernur Banten: Kita Komunikasikan dengan Pusat

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar.
Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar.

SERANG – Sejumlah kursi kepala dinas di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten hingga kini masih belum terisi oleh pejabat definitif. Berdasarkan catatan bantennews.co.id setidaknya terdapat tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hingga kini diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Tujuh OPD tersebut yaitu, Biro Umum, Biro Hukum, Biro Ekbang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Inspektorat, Dinas Komunikasi, Informatika, Statitik dan Persandian (Diskominfo SP), Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Di mana, jabatan Kepala Kesbangpol baru saja kosong per 1 Maret 2023. Bahkan pada awal April 2023 ini, akan ada satu OPD yang ditinggal pensiun kepalanya yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Terkait kekosongan jabatan eselon II di lingkup Pemprov Banten, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengaku saat ini Pemporv Banten masih melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat, yaitu dengan Kemendagri, KemenPAN RB, BKN dan KASN. Hal itu dilakukan jika Pemprov Banten akan mengadakan lelang jabatan (open biding) untuk mengisi kekosongan kepala OPD.

Namun, di sisi lain, kewenangan Pj Gubernur Banten dalam melakukan rotasi mutasi dan lelang jabatan terbatas. Dan harus mendapatkan izin dari pemerintah pusat.

“Itu (open biding) kan kita lagi konsolidasikan (dengan pusat). Tentu sesuai aturan kita akan melakukan langkah langkah untuk melakukan pemenuhan pemenuhan terhadap apa yang disampaikan tadi,” kata Muktabar, Rabu (15/3/2023).

Meski begitu, lanjut Muktabar, agar roda pelayanan terus berjalan, maka dirinya menunjuk pejabat eselon II aktif untuk di tempatkan sebagai Plt kepala OPD yang kosong

“Tapi yang penting bahws (kekosongan pejabat eselon II) ini tidak menganggu pekerjaan, semua berjalan baik,” katanya.

Muktabar juga memastikan penyelengaraan pemerintah di Pemprov Banten tetap berjalan.

“Secara teknis penyelenggaraan pemerintahan ini berjalan baik. Dan mudah-mudahan, kita dalam waktu yang ke depan ini kita kalau memang perlu mendapatkan pengisian dari itu ya tentu akan kita penuhi,” ujarnya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini