Beranda Pemerintahan Ini Arti Idul Adha Bagi Pj Gubernur Banten

Ini Arti Idul Adha Bagi Pj Gubernur Banten

Pj Gubernur Banten menunaikan Sholat Ied di Masjid Raya Al Bantani.

SERANG – Hari ini, Kamis (29/6/2023), seluruh umat muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Perayaan ini juga identik dengan berkurban.

Seperti juga yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar melaksanakan Salat Idul Adha 1444 H bersama ratusan warga masyarakat sekitar Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Masjid Raya Al Bantani, Kota Serang, Provinsi Banten. Muktabar melakukan penyembelihan hewan kurban.

Nampak hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah kita memasuki Idul Adha. Kita doakan saudara-saudara kita yang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci semoga meraih haji yang mabrur. Semoga menjadi doa dan berkah dalam kita membangun Provinsi Banten, membangun Indonesia ,” ungkap Muktabar.

Dikatakan Muktabar, Hari Raya Idul Adha identik dengan berkurban.” Semangat kurban merupakan semangat yang relevan sepanjang masa. Sebagai dasar kita dalam kehidupan masing-masing dalam berbangsa dan bernegara,” katanya.

Menurut Muktabar, semangat berkurban sangat mulia. “Karena bisa untuk kebersamaan dalam hubungan dengan sesama manusia dan bentuk ketaatan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Dalam khutbahnya, khotib Inas Nasrullah Lc mengungkapkan, istilah kurban dikenal sejak Nabi Adam as. Kemudian secara sembelihan di zaman Nabi Ibrahim as dan Ismail as.

“Menyembelih hewan kurban dengan menyebut nama Allah SWT,” ungkapnya.

Dikatakan, di antara makna kurban diajarkan manusia untuk mensyukuri ketersediaan makanan dan minuman untuk keberlangsungan kehidupan manusia; memelihara kebersamaan dan persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat, menumbuhkan semangat gotong royong, mewujudkan masyarakat yang sejahtera dunia akhirat. Serta, melestarikan tradisi kebaikan dan kemaslahatan manusia.

Sebagai informasi, sholat Idul Adha 1444 H di Masjid Raya Al Bantani dimulai pukul 6.50 WIB, Bertindak sebagai imam H Yusuf Mas’ud, khotib Inas Nasrullah, dan bilal Tamami. Pada tahun ini hewan kurban di Masjid Raya Al Bantani berjumlah 45 ekor sapi, 2 ekor kerbau, dan 19 ekor kambing. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ