Beranda Bisnis Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Rau Serang Turun Harga

Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Rau Serang Turun Harga

Pedagang di Pasar Induk Rau. (Audindra/bantennews)

SERANG– Beberapa bahan pokok di Pasar Induk Rau, Kota Serang mengalami penurunan harga. Bahan pokok tersebut yaitu beras, telur, beberapa rempah seperti cabai dan bawang.

Salah satu pedagang beras, Awing menuturkan stok beras saat ini tengah melimpah karena musim panen yang telah tiba. Saat ini harga beras kualitas biasa berkisar di Rp15,5 ribu dan kualitas premium Rp16 ribu per kilogram, turun seribu rupiah.

Namun kata Awing kenaikan harga diprediksi kembali terjadi jelang 5 hari sebelum hari raya apabila pasokan beras sudah tidak sebanyak saat ini.

“Karena beras panennya sudah mau habis. Ya mudah-mudahan sih ga naek lagi ya,” kata Awing.

Selain beras, bahan pokok lainnya yang juga alami penurunan harga yaitu telur. Saat ini per kilogramnya berkisar di harga Rp30 ribu. Turun Rp2 ribu sejak 2 hari lalu.

“(Kenaikan mendekat lebaran) bisa jadi sih kalau semua harga pada naik jadi ikutan naik juga. Lagi banyak stoknya (saat ini),” kata penjual telur bernama Erni.

Berbeda dengan beras dan telur, komoditas rempah seperti bawang putih dan bawang merah malah alami kenaikan. Harga bawang putih per kilogramnya saat ini Rp40 ribu. Untuk bawang merah naik Rp5 ribu dan bawang putih Rp10 ribu.

Sedangkan untuk cabai rawit saat ini berkisar di harga Rp44 ribu setelah sebelumnya cukup lama seharga Rp60 ribu per kilogram. Lalu, jenis cabai seperti cabai keriting Rp40 ribu dan cabai hijau besar Rp50 ribu.

Kenaikan dan turunnya harga ini kata Toni, pedagang sayuran, telah berlangsung selama seminggu. Namun, katanya tetap ada potensi harga kembali naik beberapa hari jelang lebaran.

“(Kenaikan harga) mungkin sih, H-5 biasanya naik. Tapi mudah-mudahan enggak,” kata Toni.

(Dra/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini