Beranda Pemerintahan Sediakan Fitur Aman Bersama, Arief Cek Protokol Kesehatan di Pusat Perbelanjaan

Sediakan Fitur Aman Bersama, Arief Cek Protokol Kesehatan di Pusat Perbelanjaan

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengunjungi IKEA dan Mall Alam Sutera di Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Sabtu (04/072020) - ( Foto Alwan/BantenNews.co.id)

TANGERANG – Memasuki era new normal atau kenormalan baru sejumlah tempat keramaian mulai melakukan aktivitas seperti biasa. Meski demikian, pengelola pusat-pusat keramaian tersebut harus melakukan anjuran protokol kesehatan.

Untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengunjungi IKEA dan Mall Alam Sutera di Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Sabtu (04/072020).

Kunjungannya dilakukan untuk mengecek penerapan sarana protokol kesehatan dalam memberikan rasa aman bagi pengunjung, setelah pusat perbelanjaan di Kota Tangerang diperolehkan dibuka kembali selama pandemi Covid-19 di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ia juga memastikan protokol kesehatan dan physical distancing berjalan sesuai dengan aturan PSBB dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Dari mulai antri parkir, sampai didalam sudah dibatasi pengunjungnya. Sarana protokol kesehatannya juga sudah lengkap,” katanya, Sabtu (04/06/2020).

Terkait pembatasan jumlah pengunjung, Pemkot Tangerang juga meluncurkan fitur Aman Bersama yang tersedia di Aplikasi Tangerang LIVE. Dalam fitur Aman Bersama, masyarakat hanya tinggal check in dengan cara scan QR Code yang tersedia di pusat perbelanjaan yang akan dikunjungi.

“Kita berikan fasilitas itu, mereka tinggal terapkan. Jadi tau berapa banyak kapasitas pengunjung yang ada di dalam,” jelasnya.

Di masa PSBB tahap kelima ini, seluruh pusat perbelanjaan di Kota Tangerang yang diizinkan untuk beroperasi harus mengikuti aturan batasan pengunjung hingga 50 persen guna mencegah ancaman penularan virus corona.

“Aturan ini berlaku untuk seluruh pusat perbelanjaan. Selain itu, harus ada juga Tim Gugus Tugas Covid-19 yang akan terus mengawasi dan mengingatkan pengunjung untuk tidak berkerumun dan selalu memakai masker,” pungkasnya.

Perlu diketahui, berikut adalah tata cara pengunjung untuk berbelanja di toko/mall di masa PSBB. Pertama, pengunjung diminta untuk masuk ke Aplikasi atau Website Tangerang LIVE kemudian klik fitur Aman Bersama.
Setelah itu, lakukan scan QR Code serta melengkapi data diri seperti nama, nomor telepon, alamat email dan seterusnya. Sedangkan untuk pengguna ponsel berbasis iOS bisa mengakses ke situs https://amanbersama.tangerangkota.go.id/, lalu masukkan kode toko/mall serta melengkapi data diri.

Setelah proses check-in berhasil, pengunjung dapat memasuki area pintu masuk mall dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan yang ditetapkan. Terakhir, saat pulang nanti, pelanggan juga diminta untuk menunjukan QR Code dan melakukan proses check out di pintu keluar.

(Tra/Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini