Beranda Bisnis Sandiaga Uno Ingin Para Pelaku UMKM di Banten Maju Berdaya Saing

Sandiaga Uno Ingin Para Pelaku UMKM di Banten Maju Berdaya Saing

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar dibplaza aspirasi, KP3B, Kota Serang.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar dibplaza aspirasi, KP3B, Kota Serang.

SERANG – Para Pelaku UMKM dari berbagai wilayah Provinsi Banten, mendapatkan dorongan semangat yang luar biasa pada Sabtu (19/8/2023). Acara Workshop KaTa Kreatif yang berlangsung di plaza aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) tersebut menjadi panggung inspiratif bagi mereka.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, turut hadir dalam acara tersebut. Sandi menyapa dan memberikan motivasi kepada peserta.

Kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Serang yang merupakan lokasi ke-28 dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

Dalam workshop tersebut, Sandiaga Uno tidak hanya memberikan sambutan, tetapi juga memberikan arahan penting. Ia mengimbuhkan semangat bagi pelaku UMKM untuk terus berinovasi, khususnya dalam memanfaatkan teknologi di era digital. Ia berpesan bagaimana pentingnya memanfaatkan media sosial dan teknologi untuk memasarkan produk, bahkan hingga ke berbagai daerah.

Sandi juga mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Serang agar terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Kota Serang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor kuliner, dan kriya. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Kreatifitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini

Namun, tak hanya berbicara tentang pemasaran, Sandiaga Uno juga menyoroti manajemen keuangan. Ia menyampaikan betapa pentingnya mengelola keuangan dengan baik.

“Terutama dengan beragam aplikasi pengelolaan keuangan yang saat ini tersedia. Dalam dunia bisnis, pengelolaan keuangan yang tepat menjadi kunci utama bagi pertumbuhan UMKM. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pelaku UMKM dapat mencatat pendapatan dan pengeluaran dengan lebih mudah dan akurat,” ujarnya.

Menurutnya workshop ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang manajemen keuangan, tetapi juga memberikan latihan praktis kepada para pelaku UMKM. “Semoga kedepan para pelaku UMKM di Banten akan lebih siap dan kompeten dalam mengelola keuangan secara efektif, terutama dalam era digital yang semakin berkembang,” ujarnya.

Selain acara workshop, Sandiaga Uno juga memiliki agenda lain. Ia akan mengunjungi Desa Wisata Cikolelet di Kabupaten Serang. Tujuan kunjungan ini adalah untuk mempromosikan desa wisata tersebut sebagai destinasi menarik di Provinsi Banten. Dengan dukungan dan perhatian pemerintah serta tokoh seperti Sandiaga Uno, diharapkan UMKM dan destinasi wisata di Banten akan semakin berkembang dan bersinar di mata wisatawan. (Dhe/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini