Beranda Bisnis UMKM Kabupaten Serang Terkendala Teknik Pemasaran

UMKM Kabupaten Serang Terkendala Teknik Pemasaran

Produk UMKM - foto istimewa

KAB. SERANG – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan sebutan UMKM memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas perekonomian. Namun, sejak pandemi Covid-19 terjadi, UMKM menjadi salah satu yang paling terdampak dan tidak sedikit yang akhirnya gulung tikar.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang, Agus Wahyudiono mengatakan salah satu yang menjadi kendala bagi pelaku UMKM adalah kurangnya teknik pemasaran untuk memasarkan suatu produk yang dimiliki.

Maka dari itu, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang untuk membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Serang agar usahanya terus berkembang.

“Salah satu upaya Pemerintah Daerah melalui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yaitu Diskoperindag adalah membantu UMKM. Salah satunya membantu pemasaran seperti melalui market online,” ujarnya pada BantenNews.co.id, Kamis (1/4/2021).

Untuk menunjang dan mempertahankan keberadaan UMKM di Kabupaten Serang, Agus juga mengatakan Diskoperindag sudah melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap UMKM di Kabupaten Serang.

“Dari Diskoperindag sudah melakukan pembinaan, pelatihan dan membantu untuk marketnya (pemasaran) tentunya. Termasuk hari ini ada pembinaan dan pelatihan dari Diskoperindang yang turun ke UMKM-UMKM. Tinggal bagaimana untuk memproduksi dengan kualitas baik, dengan cost rendah dan marketnya,” terangnya.

Dikatakan Agus, banyaknya UMKM di Kabupaten Serang bisa menjadi sumber penopang perekonomian daerah dan diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Serang.

“Kalau di perusahaan-perusahaan besar ada yang mengalami pengurangan sampai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Dengan adanya UMKM, harapannya ini menjadi sumber mengurangi pengangguran dan juga sebagai penopang ekonomi mikro,” tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui akun resmi Instagram Kabupaten Serang @serangkab, sedang melakukan upaya untuk memasarkan produk-produk dari para pegiat UMKM yang berdomisili di Kabupaten Serang untuk mendukung perekonomian masyarakat.

(Tra/Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini