Beranda Bisnis Sambut Idul Fitri, PLN UID Banten Siapkan Penyediaan Tenaga Listrik

Sambut Idul Fitri, PLN UID Banten Siapkan Penyediaan Tenaga Listrik

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

TANGERANG – Dalam rangka menyambut Idhul Fitri 1441 H, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten melakukan siaga pengamanan kehandalan pasokan dan pelayanan listrik dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan dan protokol bekerja yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19.

Masa siaga dimulai dari H-7 sampai dengan H+7. Diperkirakan kondisi pasokan pada saat menjelang idul fitri sebesar 7.930 MW, sedangkan Beban Puncak sebesar 3.358 MW, sehingga masih memiliki cadangan sebesar 4.572 MW. Demikian siaran tertulis yang diterima BantenNews.co.id, Kamis (21/5/2020).

Pemakaian energi listrik sejak pertengahan Maret 2020 hingga akhir April 2020 mengalami penurunan seiring dengan penerapan PSBB sebagai upaya antisipasi COVID-19 sedangkan pasokan tenaga listrik sampai dengan bulan April 2020 berada pada kondisi normal.

Berdasarkan statistik pada masa Idul Fitri tahun lalu, beban puncak pada hari raya idul Fitri pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan beban puncak pada kondisi hari kerja (proyeksi berkurang sekitar 20-30%) dikarenakan pada hari tersebut Industri yang mengkonsumsi energi listrik besar dan perkantoran berhenti beroperasi (libur).

Namun pada tahun ini akibat COVID-19 menyebabkan beban turun sekitar 35-40% sehingga perkiraan kondisi pasokan tenaga listrik selama periode lebaran 2020 (H-7 s.d H+7) pada sistem kelistrikan distribusi banten pada kondisi pasokan cukup.

Dalam siaga pengamanan pasokan listrik Idul Fitri 2020, PLN UID Banten menyiagakan 7 posko pelayanan yang tersebar di 6 kantor unit pelayanan; Serpong, Cikokol, Teluk Naga, Cikupa, Banten Utara dan Banten Selatan dengan didukung 1356 personil yang terdiri dari pegawai PLN dan alih daya, 14 unit genset dan 34 unit gardu bergerak atau trafo bergerak.

Untuk strategi operasi saat masa siaga ini tidak ada pekerjaan pemadaman terencana dan menyiapkan Pedoman Operasi khusus atau SOP Siaga Idul Fitri 2020 sebagai acuan upaya pengamanan pasokan kelistrikan pada lokasi-lokasi penting.

Untuk lokasi Pengamanan Kehandalan sebagai berikut :

RUMAH IBADAH
1. Masjid Al Bantani, Kantor Pusat Pemerintahan Banten, Serang. (Area Kerja PLN UP3 Banten Utara).

2. Alun-alun Barat Kota Serang. (Area Kerja PLN UP3 Banten Utara).

3. Masjid Agung Nurul Ikhlas Kota Cilegon, Cilegon Baru (Area Kerja PLN UP3 Banten Utara).

4. Alun-alun Pandeglang (Area Kerja PLN UP3 Banten Selatan).

5. Alun-alun Rangkasbitung (Area Kerja PLN UP3 Banten Selatan).

6.masjid Al A’zom (Area Kerja PLN UP3 Cikokol).

7.Masjid Agung Tigaraksa (Area Kerja PLN UP3 Cikupa).

8. Masjid Agung Serpong (Al-Mujahidin), (Area Kerja PLN UP3 Serpong).

Rumah Sakit rujukan Covid-19:

1. RSU Kabupaten Tangerang

2. RSUD Kota Tangerang

3. RSU Balaraja

4. Eka Hospital BSD

5. RS Omni Alam Sutera

6. RS Media BSD

7. Griya Anabatic

8. RSUD Pakuhaji

9. RSUD Provinsi Banten

10. RSUD Kota Cilegon

11. RSUD Serang

Objek vital lainnya :
1.Bandara Soekarno Hatta.

2. Pelabuhan Ferry Merak

Sementara, untuk Posko Pelayanan, PLN membuka 7 Posko Pelayanan atau 1 Posko disetiap Kantor Pelaksana Pelayanan PLN dengan peralatan pendukung sebagai berikut :

1. UNIT KABEL BERGERAK : 2 TM DAN 1 TR

2. UNIT GARDU BERGERAK : 6 (250KVA), 10 (400KVA), 7 (630KVA), 1 (800KVA)

3. UNIT TRAFO BERGERAK : 7 (250KVA), 1 (400KVA), 2 (630KVA)

4. GENSET YANG TERSEDIA : 14 GENSET

Dengan persiapan dan program PLN UID Banten dalam menghadapi Bulan Ramadhan 1441 H dapat berjalan dengan lebih baiknya dengan dukungan dari pelanggan dan semoga Ramadahan ini berkah untuk kita semua dan masa Covid ini dapat kita lalui dengan baik.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini