Beranda Bisnis Pertamina Buka Ekspor Minyak ke Thailand

Pertamina Buka Ekspor Minyak ke Thailand

Ilustrasi kilang minyak. (Kumparan.com)

JAKARTA – PT Pertamina International Shipping (PIS) kini kembali melakukan ekspor 150 ribu barel minyak mentah dari Blok Pangkah (Indonesia) ke Thailand.

Kapal MT Petromax selaku perantara merupakan salah satu kapal milik PIS yang telah menyelesaikan pengiriman ekspor minyak mentah dari Blok Pangkah yang dikelola oleh PT Saka Energi menuju terminal pelabuhan Koh Sichang, Thailand.

Ekspor minyak mentah ini adalah salah satu hasil kontrak kerja sama PIS dengan TIS Petrolium, selaku pembeli minyak dari Blok Pangkah.

Dalam kesempatan ini, Direktur Operasi PIS Arief K.Risdianto mengatakan, langkah ini jadi catatan bagi perusahaan untuk selanjutnya dapat lebih agresif menggarap pasar di luar Pertamina, yang tentu saja potensinya masih sangat besar.

“Keberhasilan MT Petromax dalam mengangkut cargo crude export sebagai bukti komitmen PIS dalam mengembangkan bisnis angkutan, tidak hanya fokus melayani angkutan crude dan BBM dalam negeri, namun juga berupaya berebut pasar angkutan di luar negeri, dengan mengedepankan services excellence dan safety first,” tulis keterangan resminya beberapa hari lalu, via Warta Ekonomi.

Saat ini, kata Arief, PIS mengoperasikan sekitar 258 unit kapal, mulai kapal ukuran Bulk Lighter berkapasitas 1.000 DWT sampai dengan kapal Very Large Crude Carrier berkapasitas 300.000 DWT.

“Kapal-kapal PIS terus mengibarkan bendera Indonesia di kancah global dan perairan internasional,”pungkasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini