Beranda Olahraga Salut, LSM Banten Ini Dukung Karateka Cilik Asal Cilegon Go International

Salut, LSM Banten Ini Dukung Karateka Cilik Asal Cilegon Go International

Ketua LSM Gappura Banten, Husen Saidan saat menyerahkan bantuan ke Rahmatullah. (istimewa)

CILEGON – Prestasi yang ditorehkan Rahmatullah Bagus Putra (12), pelajar kelas VI SD YPWKS 1 Kota Cilegon pada ajang Lomba Karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar (O2SN-SD) 2018 pada September lalu membawanya ke level pertandingan di tingkat dunia dalam 3rd Edition of International Karate Open of Province de Liege di Herstal, Belgia pada 14 – 21 November mendatang.

Atas prestasi medali emas yang diraihnya dalam Kategori Kata Perorangan Putra dalam O2SN-SD di Jogjakarta itu, anak semata wayang dari pasangan Agus Supriatna (40) dan Emil Emiliyawati ini pun mendapatkan undangan bertanding di level internasional tersebut dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Rencananya besok (Selasa, 6/11/2018) dia (Rahmatullah) akan ke Pelatnas dulu, lalu tanggal 14 November nanti penutupan, pada malam harinya jam 9 malam dia langsung berangkat ke airport untuk mengikuti kompetisi di Belgia itu,” ungkap Agus Supriatna, ayah Rahmatullah kepada BantenNews.co.id melalui sambungan telepon, Senin (5/11/2018).

Dibeberkan Agus, puteranya itu sudah menggeluti olahraga karate sejak masih duduk di bangku kelas 1 SD. Berkat ketekunannya berlatih, sejumlah prestasi sudah diraih atlet cilik penyandang sabuk coklat tersebut hingga menghantarkannya ke level pertandingan tingkat dunia bersama 5 atlet karate peraih medali emas lainnya di O2SN-SD.

“Memang kemauan anak ini keras, dan kita sebagai orangtua hanya bisa mendukung saja. Setiap hari selesai sekolah, dia selalu inginnya berlatih, pulangnya di rumah dia masih latihan sendiri. Karena kebetulan juga kan dia atlet PLCOB di bawah binaan Dispora Kota Cilegon, jadi dari prestasinya itu dia juga mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah,” terangnya.

Prestasi yang telah dibukukan Rahmatullah belakangan turut mengundang apresiasi Husen Saidan, Ketua LSM Gappura Banten yang tidak ingin ketinggalan untuk memberikan dukungan kepada warga lingkungan Ramanuju Baru RT 04 RW 09 Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon itu.

“Ya kami tadi diundang oleh LSM Gappura di Situ Rawa Arum, Alhamdulillah kami juga mendapatkan support Kang Husen (Ketua LSM Gappura Banten). Kami juga tidak menyangka, kalau beliau juga sangat perhatian sekali dengan prestasi anak kami,” tandasnya.

Rahmatullah (jaket biru), saat meraih medali emas di O2SN-SD di Jogjakarta belum lama ini. (istimewa)

Sementara Ketua LSM Gappura Banten, Husen Saidan mengungkapkan apresiasi dalam bentuk dana bantuan senilai Rp5 juta yang diberikan pihaknya diharapkan mampu memotivasi Rahmatullah untuk bersemangat mengharumkan nama Kota Cilegon dan Indonesia di dunia internasional.

“Kami sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang sudah diperoleh Rahmatullah, juga khususnya kepada sekolah yang sudah mendidiknya sehingga melahirkan pula atlet terbaik Kota Cilegon di tingkat nasional, dan Insha Allah dia juga akan mengharumkan nama Indonesia,” katanya.

Dirinya berharap, dukungan dan perhatian ekstra dari pemerintah khususnya pemerintah daerah kepada atlet berprestasi dapat lebih ditingkatkan. Terlebih di dalam level kompetisi mancanegara yang akan dilalui seorang atlet cilik.

“Rahmatullah ini kan akan menghadapi karateka dari berbagai negara. Nah seharusnya pemerintah, dari sekian ribu siswa, ada satu yang berprestasi seperti ini, itu harus disupport. Bukan hanya dukungan saja, tapi lebih dari itu bisa dibimbing mengarah ke yang lebih baik. Nah saya melihat sejauh tidak ada perhatian khusus untuk itu,” tandasnya. (dev/red)