Beranda Kesehatan Saat Bangun Tidur Mata Kok Merah? Mungkin Ini Penyebabnya

Saat Bangun Tidur Mata Kok Merah? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa balanganews.com

Saat bangun tidur tiba-tiba mata terlihat merah. Biasanya ini terjadi karena reaksi alergi, jamur yang ada di dalam kamar, ataupun kurang tidur.

Tetapi, mata merah ini bisa jadi merupakan pertanda dari penyakit yang lebih serius dari sekedar kurang tidur. Jika kemerahan tidak kunjung membaik, segera berkonsultasi ke dokter yang bersangkutan.

Selain kurang tidur, beberapa keadaan ini bisa menjadi penyebab mata merahdikutip dari detik.com.

1. Mata kering

Mata kering adalah salah satu penyebab yang paling umum dari mata merah. Keadaan ini terjadi saat cairan yang ada di dalam mata mengering, sehingga tidak cukup untuk melembabkan mata. Penyebab mata kering antara lain, reaksi alergi, perlengkapan tidur yang penuh debu atau bakteri, tidak cukup istirahat, atau tanda awal flu.

2. Trauma dan cedera

Di dalam mata, terdapat pembuluh darah kecil disekelilingnya. Saat mata bengak, pembuluh darah inilah yang menyebabkan warna merah itu yang muncul. Keadaan ini bisa disebabkan karena mata yang mungkin terluka saat tidur. Jika kamu merasakan kondisi seperti ini, segera konsultasi ke dokter sebelum terjadi cedera yang serius.

3. Sering mengucek mata

Mengucek mata menjadi kegiatan rutin yang dijalani banyak orang saat bangun tidur. Tetapi, jika terlalu sering menguceknya, dapat merusak beberapa bagian mata, termasuk pembuluh darahnya. Dampaknya, kamu akan sulit untuk melihat secara fokus suatu objek.

4. Glaukoma

Penyebab mata merah yang paling berbahaya adalah glaukoma. Penyakit ini ditularkan secara genetik yang jika tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan. Glaukoma juga terjadi pada pasien diabetes karena kadar gula yang mempengaruhi tekanan mata.

Selain kemerahan, rasa sakit, mual, pengelihatan kabur, dan muncul lingkaran cahaya bisa jadi gejalanya. Namun, di beberapa kasus gejala glaukoma bisa tidak muncul sama sekali. Maka, disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan mata tahunan, terutama untuk orang yang memiliki riwayat diabetes.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini