Beranda Kesehatan Vaksinasi Covid-19, Warga Tangsel Bakal Diberi Tahu Lewat SMS

Vaksinasi Covid-19, Warga Tangsel Bakal Diberi Tahu Lewat SMS

Dalam mempersiapkan kelancaran vaksinasi Covid-19, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhonny G. Plate mengunjungi Puskesmas Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

TANGSEL – Dalam mempersiapkan kelancaran vaksinasi Covid-19, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhonny G. Plate mengunjungi Puskesmas Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa, (12/1/2021).

Dalam keterangannya, Jhonny menjelaskan, masyarakat yang akan menerima vaksin dalam hal ini adalah tenaga kesehatan di seluruh Indonesia, akan diberitahu lewat Short Message Service (SMS) blast dengan cara broadcast.

“Setelah di data siapa saja yang akan menerima vaksin, hari ini dan besok akan dikirimi SMS blast. Untuk jamnya nanti operator seluler yang menentukan. Semua operator seluler,” ujar Jhonny.





Untuk transisi teknis tekhnologi informasi, kata Jhonny, sudah siap. Alokasi bandwith di setiap fasilitas layanan kesehatan setidaknya 100 MB per second agar pengiriman SMS bisa cepat.

“Hal itu diterapkan di seluruh pos yankes yang akan dilakukan vaksinasi. Ada sekitar 13.011 fasilitas layanan kesehatan di Indonesia, tapi tergantung pada Kementerian Kesehatan berapa yang akan digunakan. Saya mendengar tadi 12 ribu yang akan dipakai,” ungkapnya.

Lanjut Jhonny, vaksinasi ini akan dilakukan 2 kali, sehingga akan ada dua kali pemberitahuan kepada penerima vaksin yang Jumlahnya sekitar 1,3 atau 1,4 juta.

Sementara itu, Walikota Tangsel, Airin Rachmy Dianya mengatakan, vaksin saat ini sedang diambil di Pemprov Banten dan akan selesai hari ini. Setelah itu, akan disimpan di storage Dinas Kesehatan dan suhunya akan dijaga.

“Ada 67 Paskes, 29 puskesmas salah satunya Jurangmangu, ditambah 24 rumah sakit umum daerah dan swasta plus 14 klinik. Dengan begitu vaksin tersebut tersebar bukan hanya di dua tempat saja,” papar Airin.

“Jadi nanti pas tanggal 15 itu untuk Kota Tangsel ada SMS Blast, berarti nanti registrasi ulang setelah itu ditentukan titik lokasinya, nanti ketahuan berapa yang milih di Jurangmangu nanti Dinas Kesehatan akan mendrop vaksinnya,” terangnya. (Ihy/Red/SG)