Beranda Kesehatan RSUD Balaraja Luncurkan MCU Online Lewat Aplikasi Si BOMCU

RSUD Balaraja Luncurkan MCU Online Lewat Aplikasi Si BOMCU

RSUD Balaraja, Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang meluncurkan pelayanan Sistem Booking Online Medical Check Up (MCU) atau Si BOMCU untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Inovasi Si BOMCU ini merupakan pengembangan dari inovasi si JEMPOL yang bertujuan memudahkan masyarakat mengetahui informasi jenis layanan, khususnya layanan MCU dan juga dapat melakukan pendaftaran secara online sesuai waktu yang diinginkan,” kata Direktur RSUD Balaraja, dr. Reniati dalam keterangannya, Senin (4/7/2022).

Melalui inovasi Si BOMCU, pasien tidak perlu antre dan berdesak-desakan datang ke rumah sakit karena mereka sudah melakukan pendaftaran melalui aplikasi di perangkat android. Para pendaftar lewat online dapat meminimalisir proses antrean di loket pendaftaran dan kontak dengan pasien lainnya.

Lebih lanjut, dr. Reniati mengatakan bahwa inovasi Si BOMCU dapat digunakan oleh instansi pemerintah, perusahaan swasta, sarana pendidikan, dan juga masyarakat luas yang membutuhkan layanan MCU.

Aplikasi Si BOMCU dapat diunduh melalui Google Play Store dengan nama aplikasi Reservasi RSUD Balaraja. Masyarakat dapat memilih layanan MCU dan waktu yang diinginkan. Setelah berhasil reservasi, pasien mendapatkan barcode untuk di-scan di mesin APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) tanpa perlu antre di loket pendaftaran.

“Kami berharap dengan inovasi Si BOMCU yang berupa aplikasi Reservasi RSUD Balaraja ini, layanan MCU di RSUD Balaraja menjadi lebih informatif dan efektif baik untuk masyarakat secara luas dan juga bagi Rumah Sakit,” kata dr. Reniati.

Sebagai informasi, inovasi ini merupakan hasil karya dari peserta Pendidikan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Tahun 2022, Kasie Pelayanan Medik RSUD Balaraja dr Nita Megawati, MARS.

Tak hanya Si BOMCU, RSUD Balaraja juga telah meraih penghargaan tingkat nasional pada beberapa inovasi pelayanan diantaranya Si AWAK CAGEUR (Sistem Informasi Aplikasi WhatsApp Terkoneksi Cara Andalan Gawai Elektronik Untuk Rakyat) dan Si JEMPOL (Sistem Informasi Jaringan Elektronik Medik Pasien On Line) yang berhasil meraih penghargaan Top 40 Layanan Inovasi Publik dan SINOVIK pada tahun 2017, serta Penghargaan Smart City Dimensi Smart Living dari Kemenkominfo RI tahun 2021.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini