Beranda Kesehatan Ribuan Warga Pulau Tunda Minta Vaksinasi Covid-19

Ribuan Warga Pulau Tunda Minta Vaksinasi Covid-19

Perayaan HUT RI ke-76 di Pulau Tunda

KAB. SERANG – Jumlah kasus Covid-19 yang sempat meningkat di Kabupaten Serang membuat pandangan baru untuk warga Pulau Tunda, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang agar segera divaksinasi Covid-19.

Pulau yang terletak di ujung laut utara Banten serta langsung berbatasan dengan Kepulauan Seribu ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1.300 jiwa.

Camat Tirtayasa, Sadik mengatakan antusias masyarakat Pulau Tunda yang ingin divaksinasi Covid-19 sangat tinggi dikarenakan masyarakat berharap aktivitas dapat kembali normal sehingga ekonomi bisa pulih, oleh karena itu pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi.

“Ada di progress Dinas Kesehatan karena kemarin itu jadwalnya masih sibuk kegiatan jadi nanti dijadwalkan kembali setelah ini. Nanti saya konfirmasi (jadwalnya) terlebih dahulu dengan Dinas Kesehatan,” ujar Sadik pada BantenNews.co.id, Rabu (18/8/2021).

Sadik menyebutkan sebelumnya beberapa masyarakat di Pulau Tunda sempat menolak vaksinasi namun dengan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 oleh pihak kecamatan dan pemerintah desa setempat, masyarakat akhirnya tergugah untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

“Sebenarnya itu karena hasil sosialisasi kami bersama pemerintah desa dan alhamdulillah warga menerima arahan kami sekalipun sempat menolak dan berkat sosialisasi kami bersama tokoh masyarakat, warga paham betapa pedulinya pemerintah kepada masyarakatnya dalam rangka menurunkan angka Covid di wilayah Kecamatan Tirtayasa khususnya di Kabupaten Serang, masyarakat berharap agar aktivitas kembali normal sehingga kebutuhan ekonomi masyarakat juga terpenuhi dan ekonomi masyarakat bisa pulih,” jelas Sadik.

Kemudian untuk kasus Covid-19 di Pulau Tunda, Sadik menyebutkan belum ada warganya yang terkena Covid-19. “Alhamdulillah hingga saat ini belum ada,” kata Sadik.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Serang, drg Agus Sukmayadi mengatakan sasaran vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Pulau Tunda yang terdata di Puskesmas Tirtayasa saat ini sudah mencapai kurang lebih 1.000 sasaran dengan rentang usia 12 tahun ke atas.

“Saat ini sasaran yang sudah terdata oleh Puskesmas Tirtayasa kurang lebih seribuan sasaran, sasaran dari 12 tahun ke atas,” ujar Agus.

Terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pulau Tunda, Agus menuturkan saat ini pihaknya sedang mengkoordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang untuk akses transportasi bagi tenaga kesehatan (nakes) yang akan memvaksinasi masyarakat Pulau Tunda dan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diperkirakan berlangsung selama 1-2 hari.

“Sedang direncanakan dan dikoordinasikan dengan Dishub karena untuk tenaga kesehatan (nakes) perlu kapal yang memadai. Bila dimungkinkan satu hari atau dua hari untuk 1.000 sasaran dan akan disiapkan 4 tim nakes,” kata Agus.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini