Beranda Uncategorized Relawan Sajojo Luncurkan Warjok Channel untuk Perangi Hoax

Relawan Sajojo Luncurkan Warjok Channel untuk Perangi Hoax

Kios Sajojo di Kota Serang. (Wahyu/bantennews).

SERANG – Hoax atau informasi fitnah menjadi tantangan yang cukup berat dalam kontestasi pemilihan umum (Pemilu) 2009. Hoax tidak hanya merusak karakteristik budaya masyarakat, namun juga mengoyak-ngoyak demokrasi dalam bernegara. Kondisi seperti ini mengundang kepedulian berbagai elemen masyarakat, khususnya Satuan Joeang Jokowi (Sajojo).

Relawan pendukung Jokowi yang terdiri dari anak-anak muda ini merasa, berita-berita hoax yang tersebar di masyarakat tentang Calon Presiden Jokowi dan Kiyai Ma’ruf sudah berlebihan dan menyebar di tengah masyarakat sehingga harus diluruskan.

“Entah disengaja atau tidak, informasi-informasi bohong tentang Kiyai Ma’ruf dan Pak Jokowi tersebar cukup massif sehingga kita harus memberikan klarifikasi,” ungkap Bahroji, inisiator Warjok Chanel usai Ngopi dan Internetan (Ngenet) bareng di Warung Sajojo Ciceri, Kota Serang, Banten, Selasa (12/3/2019) malam.

Bahroji mengungkapkan, agar para pendukung calon presiden menyampaikan informasi akurat kepada publik tanpa menyebarkan informasi-informasi bohong yang tidak etis dan hanya mengundang kebencian saja.

“Saya yakin calon Presiden masing-masing memiliki program-program terbaiknya, karena itulah sampaikan kepada publik, sehingga masyarakat tahu dan akhirnya simpatik,” ungkap Bahroji.

Bahroji menambahkan teknik downgrade yang dilakukan tim sukses atau pendukung tidak akan menarik simpatik dan hanya menciptakan pertikaian. Karena itulah, pihaknya ingin mengenalkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 itu dengan cara anak muda.

“Caranya kami menyiapkan warung kopi dan bisa internetan gratis di beberapa tempat. Selain itu kami juga membuat program-program hiburan yang melibatkan komunitas dan bisa ditonton live di channel youtube dan fanpage facebook secara rutin,” ungkap Bahroji.

Aktivis Muda Banten, yang juga pemerhati pendidikan Kang Taufik mengungkapkan, hoax memang bermunculan setiap menjelang Pilpres, karena itulah dirinya mengapresiasi Relawan Sajojo yang meluncurkan kanal informasi khusus yang dikemas secara live dan kreatif untuk mengampanyekan capres yang didukungnya.

“Sehingga sebetulnya, para pendukung bisa menyajikan program-program capresnya ketimbang mencari-cari peluru hoax untuk menyerang,” ungkap Taufik yang juga Relawan Wali Sembilan. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini