Beranda Komunitas Relawan Kampung Siaga Bencana Kecamatan Angsana Dikukuhkan

Relawan Kampung Siaga Bencana Kecamatan Angsana Dikukuhkan

225
0
Sebanyak 60 relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang di kukuhkan. Foto istimewa

PANDEGLANG – Sebanyak 60 relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang di kukuhkan. Prosesi pengkuhuhan relawan KSB tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pery Hasanudin didampingi Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto, Dandim 0601 Pandeglang, Letkol. Inf. Denny Juwon Pranata dan Kasubdit Kebencanaan dan Mitigasi Kementerian Sosial RI Ian Kusmadiyana di Lapangan Cikayas Kecamatan Angsana,  Jumat (24/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut,  Pery Hasanudin menyampaikan apresiasi kepada para relawan KSB Kecamatan Angsana yang telah berperan aktif dalam kesiapsiagaan terhadap bencana.

“Karena berkat bakti sosial yang dilakukan para relawan ini tentunya sangat membantu Pemkab Pandeglang di saat terjadi musibah bencana,” katanya melalui siaran tertulis.





Lebih lanjut Ia mengatakan Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu wilayah yang rawan terhadap bencana, baik itu bencana gempa bumi, tsunami, banjir, longsor dan lain sebagainya.

“Maka dari itu dibutuhkan para relawan yang tangguh, sigap dan tanggap, sehingga keberadaan relawan KSB ini dapat membantu dan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat,  khususnya pelayanan penanganan bencana,” tuturnya.

Kasubdit Kebencanaan dan Mitigasi Kementerian Sosial, Kusmadiyana mengatakan tidak semua orang mampu menjadi relawan, karena menjadi relawan bukan hal yang mudah, harus ikhlas mengorbankan jiwa dan raganya demi kemanusiaan.

“Tentunya keberadaan KSB Kecamatan Angsana harus terus dibina dan diberdayakan, karena saya yakin pembinaan generasi muda di Kampung Siaga Bencana ini akan maju dan membanggakan,”ucapnya.

Sementara itu,  Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Angsana Beni Madsira mengatakan ada sekitar 60 relawan yang saat ini dikukuhkan.

“Kampung Siaga Bencana Kecamatan Angsana yang notabene adalah para relawan,  tentunya harus mampu berperan aktif dalam kesiapsiagaan terhadap bencana, bukan hanya penanganan bencana alam saja,  akan tetapi bencana sosial dan kemanusiaan,  seperti halnya saat ini sedang merebaknya wabah Covid-19, kita dituntut untuk sigap dan tanggap dengan memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya virus corona,” katanya.

(Red)