Beranda Peristiwa Rayakan Idul Adha, Warga Taman Krakatau Diajak Meneladani Pengorbanan Nabi Ibrahim

Rayakan Idul Adha, Warga Taman Krakatau Diajak Meneladani Pengorbanan Nabi Ibrahim

Ustad Sopwan Sujana saat menyampaikan khutbah Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Jami Al Ikhlas. (Ist)

KAB. SERANG – Ratusan umat muslim di Lingkungan RW 07 Perumahan Taman Krakatau, Desa Waringinkurung, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang melaksanakan salat Ied pada hari raya Idul Adha 10 Zulhijah 1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023).

Salat yang dipusatkan di Masjid Jami Al Ikhlas tersebut berjalan dengan khidmat, dengan diawali salat berjemaah yang diimami oleh Ustad Sopwan Sujana, sekaligus bertindak sebagai khatib.

“Setelah salat Ied berjemaah ini, seperti biasanya kita melakukan ritual pada umumnya yaitu penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari sapi, kambing dan domba, yang berasal dari sumbangan kurban warga dari berbagai RT di RW 07, untuk dibagikan kepada penerima manfaat, yaitu masyarakat yang membutuhkan dan yang kurang mampu,” ungkap Ketua RW 07, Yadi Mandor.

Warga lingkungan RW 07 Perumahan Taman Krakatau saat akan menyembelih hewan kurban sapi. (Gilang)

Pantauan di lokasi, di sela suara takbir yang terus dikumandangkan, warga bergotong royong menyiapkan daging hewan kurban yang telah disembelih di bawah koordinasi Ketua Panitia Pelaksana Hari Raya Idul Adha, Achmad Muzzammil.

“Teknis penyembelihan hewan kurban ini kita lakukan secara simbolis terlebih dahulu, tim penyembelih 3 orang yang akan berkolaborasi dalam penyembelihan. Sementara untuk hewan kurban di bagian sapi terdiri dari 9 tim, dan tim yang memilah daging dan tulang, serta tim pencacah tulang,” terang Muzzammil.

Warga Lingkungan RW 07 tengah menyembelih kambing, hewan kurban dari salah seorang warga. (Gilang)

Di tempat yang sama, Ketua RT 04 di lingkungan tersebut, Andi Yulianto dalam keterangannya mengatakan, pada momentum yang juga dikenal dengan nama Lebaran Haji tersebut, ia berharap seluruh umat muslim di lingkungan itu khususnya mampu lebih mempererat jalinan silaturahmi melalui hikmah lain dari sebuah keikhlasan dalam berbagi keberkahan.

Warga Lingkungan RW 07 Perumahan Taman Krakatau tengah menguliti hewan kurban yang baru disembelih. (Gilang)

“Istilah lainnya kan Hari Raya Kurban ya, tentu ini menjadi momentum bagi kita untuk renungi, mengenang bagaimana besarnya pengorbanan dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS. Kita senantiasa melatih diri ke arah itu, salah satunya melalui berbagi kebaikan antar sesama, sebagai wujud rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Selamat Idul Adha, semoga pengorbanan kita diterima-Nya dengan penuh keridhaan,” ujar Andi Yulianto.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini