Beranda Peristiwa Meriahkan 1 Muharram, Warga Taman Krakatau Gelar Berbagai Lomba

Meriahkan 1 Muharram, Warga Taman Krakatau Gelar Berbagai Lomba

Lomba kirab 1 Muharram diharapkan mampu lebih meningkatkan jalinan ukhuwah islamiyah antar warga. (Gilang)

KAB. SERANG – Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah yang bertepatan jatuh pada Rabu (19/7/2023) ini diperingati umat muslim di seluruh pelosok tanah air dengan berbagai kegiatan yang penuh dengan suasana kemeriahan. Tak terkecuali dengan apa yang dilakukan oleh warga dari berbagai RT di lingkungan RW 07, Perumahan Taman Krakatau, Desa Waringinkurung, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang.

Berkumpul di kawasan Masjid Jami Al Ikhlas sekira pukul 07.00 WIB pagi hari, warga menghelat kegiatan lomba kirab untuk memeriahkan peringatan 1 Muharram dengan melintasi sejumlah rute jalan yang telah ditentukan panitia.

Tim kirab dari salah satu RT tengah bersiap ikuti lomba. (Ist)

“Tujuan utama dari pelaksanaan lomba kirab 1 Muharram ini salah satunya adalah dalam rangka membina dan lebih meningkatkan hubungan silaturahmi antar warga yang sudah terjalin selama ini,” ungkap Andi Yulianto, Ketua RT 04 RW 07 di lingkungan setempat.

Diiringi dengan alunan musik dari perangkat rebana, dalam perjalanan kirabnya warga yang secara silih berganti melantunkan lirik-lirik salawat badar yang diawali dengan yel-yel terlebih dahulu yang turut dijadikan sebagai salah satu objek lomba.

Warga saat akan memeriahkan lomba kirab dan yel-yel 1 Muharram 1445 Hijriah. (Gilang)

“Tentunya ada penilaian yang diberikan oleh dewan juri untuk tim terbaik. Jadi sambil menunggu keputusan dari dewan juri, kita bersama-sama akan mendengarkan tausiah 1 Muharram sebelum akhirnya nanti ditutup dengan pembagian doorprize. Tapi itu bukan tujuan utama kita, karena spirit utamanya adalah untuk terus menjaga kebersamaan dalam jalinan ukhuwah islamiyah,” terang Andi.

Dijelaskan bahwa keserasian, kekompakkan maupun kreativitas warga menjadi sejumlah penilaian dewan juri kepada tim pemenang lomba untuk peringatan tahun baru yang berkaitan erat dengan perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah tersebut.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini