Beranda Komunitas Rayakan Hardiknas, Pegiat Literasi Adakan Acara Serentak Bergerak Merdeka Belajar

Rayakan Hardiknas, Pegiat Literasi Adakan Acara Serentak Bergerak Merdeka Belajar

565
0
Para pegiat literasi

CILEGON – Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dengan tema ‘serentak bergerak merdeka belajar’ , pengiat literasi Perahu Pustaka kerjasama dengan Mobil Pintar milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten dan Forum Taman Bacaan masyarakat Kota Cilegon, menggelar acara giat bersama di Kampung Nelayan Medaksa, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

“Kami ingin menghadirkan bacaan berkualitas dan sarana penunjang belajar untuk anak-anak kampung nelayan ini, dengan datangnya dua mobil perpustakaan ini anak-anak dan orangtua sangat senang, karena baru kali ini ada mobil perpustakaan dari Provinsi Banten datang kesini. Kami sangat senang biasanya yang datang kesini Perahu Pustaka,” ujar salah satu pengajar mengaji, Zaianul, Jumat (7/5/2021). PT ASDP Merak juga turut serta mensuport kegiatan ini.

Iwan, salah satu pustakawan yang hadir mengapresiasi kegiatan bersama. “Kita harus bersama-sama memajukan kegiatan seperti ini, mengunjungi anak anak agar mendapat bahan bacaan yang berkualitas. Selain menyajikan bahan bacaan Mobil Pusling Ini juga mengajak anak-anak untuk menonton film kartun Nuansa Islami, yang bisa memberikan ispirasi, keteladanan, kejujuran dan berbakti kepada orangtua,” katanya.

Dalam keguatan itu, Tim Perahu Pustaka juga memberikan kegiatan dongeng, kuis untuk anak-anak dengan pertanyaan mengenai nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai kebangsaan.

“Ada yang bisa menyebutkan beberapa ayat-ayat pendek, penghapalan Pancasila dan lain lain. Selain itu perahu pustaka juga memberikan buku komik dan pulpen untuk semua anak anak. Kami juga menitipkan beberapa buku komik Kominfo untuk mobil pintar biar dibaca anak-anak yang lain yang ada di Banten,” ujar Radmiadi, Pendiri Perahu Pustaka.

Kata dia, di Kampung Nelayan ini sedang dibuat gedung TPA. “Nanti anak-anak mengaji semua disana, dan kami akan membuatkan juga pojok baca di tempat tersebut, selain mengaji anak-anak juga bisa membaca buku yang baik tentunya,” ucapnya.

(Man/Red)