Beranda Olahraga Ratusan Pesilat Unjuk Kebolehan di Kejuaraan IPSI Cup Pandeglang

Ratusan Pesilat Unjuk Kebolehan di Kejuaraan IPSI Cup Pandeglang

Dia perwakilan perguruan pencak silat mengadu kebolehan dalam gelaran IPSI Cup

PANDEGLANG – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pandeglang menggelar turnamen IPSI Cup. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan pesilat dari 10 perguruan pencak silat yang ada Kabupaten Pandeglang, Rabu (8/11/2023).

Ketua IPSI Kabupaten Pandeglang, Dadan Saladin mengatakan, kegiatan IPSI Cup Pandeglang merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar selama masa kepemimpinannya.

“Yang pertama tahun 2022. Setiap tahun kita selalu menyelenggarakan IPSI Cup ini,” kata Dadan di sela-sela kegiatan yang digelar di salah satu perguruan tinggi di Pandeglang.

Ia menjelaskan, para pesilat yang ikut berlomba kali ini mulai dari tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SM) hingga tingkat umum.

“Yang peserta lomba mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa, dewasa dan tingkat umum. Dengan kategori tanding, tunggal, ganda, dan beregu,” jelasnya.

Ia mengaku kegiatan ini selain sebagai agenda rutin juga sebagai penjaringan atlet-atlet muda yang nantinya akan mewakili Kabupaten Pandeglang dalam kejuaraan tingkat nasional.

“Dari Pandeglang lah kita berharap ada atlet menjadi juara tingkat dunia. Target awal untuk Popda dan Porprov, kedepannya kita mencetak atlet-atlet menjadi juara di tingkat dunia,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua STKIP Syekh Manshur Pandeglang Salman Sunardi selaku pemilik tempat kejuaraan mengaku tidak keberatan tempatnya digunakan untuk perlombaan ini.

Bahkan kata dia, kegiatan positif seperti ini harus terus digalangkan sebagai upaya pencegahan kenakalan remaja seperti tawuran antar pelajar. Ia berharap lokasi yang saat ini digunakan kelak bisa menjadi lokasi resmi untuk kegiatan IPSI Cup.

“Ini pertama kalinya Aula STKIP Syekh Manshur menjadi tempat pertandingan silat. Karena memang mencari tempat seperti ini yang halaman luas dan akses jalan mudah agak sulit juga di Pandeglang. Ini merupakan kolaborasi yang bagus antara Kampus dengan Organisasi IPSI. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi biar pencak silat ini lebih hidup lagi,” tutupnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ